Puan: DPR bisa menjadi lembaga legislatif yang modern

id Puan Maharani,Ketua DPR,Pimpinan DPR

Puan: DPR bisa menjadi lembaga legislatif yang modern

Ketua DPR periode 2019-2024 Puan Maharani (kanan) mengacungkan palu disaksikan Wakil Ketua M Aziz Syamsuddin (kiri), Sufmi Dasco Ahmad (kedua kiri), Rahmad Gobel (ketiga kiri), dan Muhaimin Iskandar (keempat kiri) usai pelantikan dalam Rapat Paripurna ke-2 Masa Persidangan I Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR Puan Maharani meyakini DPR periode 2019-2024 bisa menjadi lembaga legislatif yang modern dan siap menghadapi tantangan kemajuan zaman.

"DPR yang menjaga kepercayaan rakyat, tidak antikritik, dan bisa menghasilkan keputusan-keputusan terbaik untuk rakyat Indonesia," kata Puan kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Saat ditanya visi dan misi sebagai ketua DPR, Puan mengatakan ada perbedaan antara pemilihan eksekutif dan pemilihan legislatif. Dalam pemilihan legislatif tidak ada dokumen visi dan misi sebagaimana terjadi pada calon-calon yang bersaing dalam pemilihan eksekutif.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, dia bisa menjadi ketua DPR karena Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD yang telah direvisi mengatur posisi ketua DPR menjadi hak partai politik pemenang pemilu.

"Pada 2019 ini pemenang pemilu adalah PDI Perjuangan. Sebagai anggota DPR, saya akan bekerja agar aspirasi rakyat dapat diterjemahkan secara nyata," tuturnya.

Sebagai ketua DPR, Puan mengatakan sudah ada dan akan ada beberapa hal yang terus dia ingatkan, baik kepada seluruh pimpinan DPR maupun seluruh anggota DPR, sebagaimana dia sampaikan pada pidato pertamanya sebagai ketua DPR.

"Pertama, kepemimpinan DPR bersifat kolektif kolegial. Jadi harus dijalankan dengan semangat gotong royong," katanya.

Kedua, Puan mengajak seluruh anggota DPR agar tidak terpecah belah dan kontraproduktif, meskipun perkembangan di DPR akan sangat dinamis.

"Di DPR banyak warna, tetapi kita semua tetap Merah Putih," ujarnya.

Puan merupakan anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali. Pada Pemilu 2019, Puan meraih suara terbanyak di tingkat nasional dengan perolehan suara 404.034 suara.

Sebanyak 575 anggota DPR dari sembilan partai politik dan 136 anggota DPD dari 34 provinsi hasil Pemilu 2019 telah dilantik pada Selasa (1/10).

Pimpinan DPR, DPD, dan MPR telah dipilih dan ditetapkan. DPR diketuai Puan Maharani, DPD diketuai La Nyalla Mattalitti, dan MPR diketuai Bambang Soesatyo.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar