Bupati Hendrajoni kunjungi korban abrasi pantai di Batang Kapas

id Hendrajoni,pesisir selatan,korban abrasi,berita pesisir selatan,berita sumbar

Bupati Hendrajoni kunjungi korban abrasi pantai di Batang Kapas

Bupati Hendrajoni berbincang dengan para pengungsi korban abrasi pantai di Dusun Muaro, Batang Kapas. (ANTARA/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mengunjungi korban abrasi pantai di Dusun Muaro, Kecamatan Batang Kapas, Jumat sore.

"Kami prihatin atas kejadian ini, dan kami berupaya maksimal agar berbagai kebutuhan para korban tercukupi selama di pengungsian," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni disela-sela kunjungannya di Dusun Muaro.

Menurutnya di Dusun Muaro terdapat sebanyak 38 kepala keluarga yang menjadi korban abrasi pantai, sebagian mengungsi ke rumah sanak saudaranya dan sebagian lagi bertahan di tenda pengungsian yang siapkan pemerintah kabupaten setempat.

Kejadian itu juga menyebabkan 13 unit rumah rusak berat, 11 rumah tertimbun pasir, satu gudang ikan rusak berat, serta satu bangunan BUMNag rusak berat.

"Penganan abrasi pantai di Dusun Muaro akan kami prioritaskan, karena jika tidak berisiko terhadap pemukiman warga di dusun ini," katanya lagi.

Ia mengaku telah membicarakan hal ini dengan pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beberapa waktu lalu.

Penganangan mencakup pembangunan batu penahan ombak dan juga pembangunan rumah bagi para korban.

Pada kesempatan itu ia mendorong agar pihak kecamatan dan nagari aktif berkomunikasi terkait kebutuhan para korban selama di pengungsian terutama mengenai makanan, obat-obatan dan lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar