Kuatkan pelaku usaha, Payakumbuh gelar pelatihan kemitraan pariwisata

id pelatihan kemitraan pariwisata,payakumbuh,kemitraan pariwisata,berita payakumbuh,berita sumbar

Kuatkan pelaku usaha, Payakumbuh gelar pelatihan kemitraan pariwisata

Para peserta pelatihan koordinasi pembangunan kemitraan pariwisata di Payakumbuh. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh menggelar Pelatihan Koordinasi Pembangunan Kemitraan Pariwisata di Aula Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Ibuh, untuk menguatkan peran pelaku usaha wisata.

"Kegiatan ini bertujuan agar pelaku jasa usaha pariwisata di Payakumbuh dapat meningkatkan kualitas SDM, Kualitas Pelayanan, serta kualitas dari objek yang dijualnya, baik dalam bentuk barang ataupun jasa," kata Kadisparpora Payakumbuh, Elfriza Zaharman di Payakumbuh, Kamis.

Ia memaparkan peserta berjumlah 150 orang, terdiri dari Pelaku Jasa Usaha Pariwisata, hotel, restoran, rumah makan, cafe, kuliner malam, homestay, Ikatan Agen Tour dan Perjalanan, travel, Gojek, serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kota Payakumbuh.

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda yang membuka acara secara resmi mengatakan wali kota ingin menjadikan Payakumbuh sebagai pusat pariwisata, apalagi Payakumbuh terkenal dengan kulinernya.

Salah satu sisi yang mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah Pariwisata, selain dari bidang perdagangan dan jasa.

"Bagaimana kita memajukan Payakumbuh bersama-sama, seluruh unsur dapat berkontribusi membangun dan meningkatkan perekonomian kota kita, laju pertumbuhan ekonomi akan terus kita genjot terus kedepannya, khususnya dibidang kepariwisataan," kata Rida.

Wali Kota Riza Falepi berpesan agar pelaku usaha pariwisata dapat profesional dalam bidangnya masing-masing.

Pemkot Payakumbuh mendorong agar SDM pelaku usaha wisata yang berkualitas melalui pelatihan dan dengan memudahkan layanan dalam mengurus izin usahanya.

"Disamping itu bagi pelaku usaha pariwisata yang ingin memiliki izin usaha, di Payakumbuh sudah ada Mall Pelayanan Publik untuk melayani pengurusan izin usaha," terang Kepala DPMPTSP Kota Payakumbuh, Hermayunis. (*)