118 calon wali nagari maju pilwana serentak di Agam

id pilwana serentak,berita sumbar,berita agam,agam terkini

118 calon wali nagari maju pilwana serentak di Agam

Calon Wali Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam beserta Panitia Pilwana sedang mengangkat nomor urut, Kamis (5/9). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyatakan 118 calon wali nagari maju pada pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak di daerah itu pada November 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Agam, Teddy Marta di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, ratusan calon wali nagari itu maju di 29 nagari atau desa adat yang akan melaksanakan Pilwana serentak pada November 2019.

"118 calon wali nagari itu telah ditetapkan oleh panita Pilwana di 29 nagari tersebar di 14 dari 16 kecamatan di daerah itu," katanya yang didampingi Kepala Bidang Bina Pemerintahan Nagari, Zulkarnaini.

Ia mengatakan, 118 calon wali nagari itu maju di Pilwana Koto Gadang Anam Koto empat orang, Pilwana Bayua tiga orang, Pilwana Koto Kaciak lima orang, Pilwana Maninjau tiga orang, Pilwana Malalak Selatan dua orang, Pilwana Kampuang Pinang lima orang.

Sementara Pilwana Kampuang Tangah lima orang, Pilwana Lubukbasung lima orang, Pilwana Manggopoh tiga orang, Pilwana Matua Mudik empat orang, Pilwana Panta Pauah lima orang, Pilwana Batu Taba empat orang.

Sedangka Pilwana Pasia tiga orang, Pilwana Ampang Gadang tiga orang, Pilwana Padang Tarok lima orang, Pilwana Simarasok lima orang, Pilwana Koto Tinggi empat orang, Pilwana Kamang Mudiak lima orang, Pilwana Koto Tangah lima orang, Pilwana Bukik Batabuah empat orang.

Pilwana Canduang Koto Laweh lima orang, Pilwana Tiku Lima Jorong lima orang, Pilwana Tigo Koto Silungkang empat orang, Pilwana Cingkariang lima orang.

Selain itu Pilwana Sungai Landia tiga orang, Pilwana Guguk Tabek Sarojo tiga orang, Pilwana Malalak Utara empat orang, Pilwana Ampek Koto Palembayan tiga orang dan Pilwana Pagadih empat orang.

"15 dari 118 calon wali nagari itu merupakan petahana," katanya.

Ia menambahkan, tahapan Pilwana saat ini menginput daftar pemilih tetap ke dalam sistem e-voting oleh tim teknis dengan jadwal 21 September sampai 26 Oktober 2019.

Setelah itu minggu tenang selama tiga hari dan pemungutan suara secara enam tahap.

Tahap pertama pada 4 November 2019, tahap ke dua pada 7 November 2019, tahap ke tiga 11 November 2019, tahap ke empat 14 November 2019, tahap ke lima 19 November 2019 dan tahap ke enam 25 November 2019.

"Pemungutan suara itu dilakukan secara bertahap akibat peralatan e-voting hanya ada 59 unit. Pelatikan akan dilakukan pada 23 Desember 2019," katanya.