Sempat jebol, irigasi Jalamu Batang Kapas kembali berfungsi

id Irigasi

Sempat jebol, irigasi Jalamu Batang Kapas kembali berfungsi

Ilustrasi (Antara/Anas Masa)

Painan (ANTARA) - Irigasi Jalamu di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali berfungsi setelah sebelumnya jebol dihantam arus sungai setempat.

"Setelah kami mengoperasikan satu unit alat berat sejak Jumat (27/9) Irigasi Jalamu kembali berfunsi," kata Kepala BPBD Pesisir Selatan, Herman Budiarto di Painan, Minggu.

Kendati demikian tambahnya penanganan tersebut masih merupakan tahap sementara menjelang penanganan permanen dilakukan.

"Saat ini baru penanganan sementara, supaya air bisa masuk ke pintu intake dengan cara menutup aliran sungai dengan dengan timbunan pasir dan batu," imbuhnya.

Kedepan katanya di lokasi, air akan dibendung menggunakan batu jeti sehingga arus air bisa ditahan secara permanen dan bisa mengalir dengan maksimal ke areal persawahan di kecamatan setempat.

Sebelumnya pada Minggu (22/9) Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meninjau lokasi bersama sejumlah pejabat daerah setempat.

Pada kesempatan itu ia memerintahkan pejabat teknis untuk segera memperbaiki irigasi yang mampu mengairi sekitar 770 hektare sawah tersebut.

"Irigasi ini mesti secepatnya diperbaiki sehingga petani-petani di Batang Kapas bisa secepatnya turun ke sawah," kata dia.