Kantor Pos Padang luncurkan aplikasi Pos Giro Mobile (PGM) mudahkan transaksi keuangan

id Pos Giro Mobile,Kantor Pos

Kantor Pos Padang luncurkan aplikasi Pos Giro Mobile (PGM) mudahkan transaksi keuangan

Kantor Pos Padang luncurkan aplikasi Pos Giro Mobile (PGM) mudahkan transaksi keuangan (ANTARA/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Kantor Pos Cabang Padang, Sumatera Barat meluncurkan produk layanan terbaru Pos Giro Mobile (PGM) untuk mempermudah transaksi pembayaran di Pos.

Kepala kantor Pos Cabang Padang Sartono di Padang, Jumat mengatakan PGM berupa aplikasi daring yang diunduh di handphone untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran di kantor Pos.

"Biasanya untuk melakukan pembayaran ongkos pengiriman barang harus ke kantor Pos, namun dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu repot ke kantor pos, cukup menggunakan handphone melalui aplikasi PGM," kata dia.

Aplikasi tersebut berupa buku tabungan secara daring bisa diunduh di handphone dengan melakukan proses registrasi menggunakan Kartu Tanda Penduduk elektronik.

"Setelah melakukan pengisian data, sistem akan mengirimkan one time password (OTP) melalui pesan ke nomor handphone untuk keamanan aplikasi," katanya.

Ia juga mengatakan pengisian saldo bisa langsung ke loket Pos atau secara daring yakni dikirim dari aplikasi bank lain (mobile banking) dengan cara memasukkan kode ke aplikasi PGM, jumlah saldo yang dimasukan langsung tertera di aplikasi tersebut.

"Hampir semua Bank sudah terdaftar di aplikasi PGM," ujarnya.

Ia mengatakan peluncuran aplikasi tersebut dilakukan oleh seluruh Pos di Indonesia sesuai dengan hari bakti Pos dan telekomunikasi yang ke-74.

"Pos Indonesia melakukan layanan PGM di 250 kantor pos se Indonesia," kata dia.

Selain itu, ia juga mengatakan uang yang tersimpan daplikasi tersebut juga bisa dilakukan untuk pembayaran listrik, tagihan PDAM, dan pengisian pulsa, pembayaran belanja secara daring dan lain sebagainya secara daring.

"Target pasar berbasis sariah yakni tidak menggunakan pembayaran bunga," ujar dia.

Ia juga mengatakan di era yang serba teknologi tentunya kantor Pos juga mencoba melakukan perubahan dengan cara meluncurkan aplikasi PGM berbasis teknologi.

"Karena selama ini masyarakat mengetahui kantor Pos hanya sebagai jasa pengiriman surat," ujar dia.