DPRD desak Pemkab Solok percepat perbaikan jalan di Nagari Aripan

id DPRD Solok,Jalan Rusak,Nagari Aripan

DPRD desak Pemkab Solok percepat perbaikan jalan di Nagari Aripan

Jalan rusak di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak yang tampak berlubang di kiri kanannya. (Antara/ Tri Asmaini)

Arosuka, (ANTARA) - DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat, mendesak pemerintah setempat untuk mempercepat rencana perbaikan jalan di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak yang sudah ditinjau sangat memprihatinkan.

"Kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas PU. Anggarannya sudah disiapkan sekitar Rp400 juta untuk jalan ini," kata Ketua DPRD Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu di Arosuka, Jumat.

Ia sudah meninjau langsung jalan yang rusak tersebut beberapa waktu lalu, untuk menyikapi banyaknya postingan warga setempat di media sosial beberapa waktu belakangan.

Menurutnya, kondisi jalan Aripan memang sudah sangat parah, dan bahkan pernah ditanami pohon pisang oleh warga karena kecewa tidak ditanggapi pemerintah.

"Jalan itu memang tidak layak lagi dilalui, hampir empat kilometer jalan mengalami rusak berlubang," ujarnya.

Sebelumnya, masyarakat setempat berinisiatif menutupi lubang-lubang tersebut dengan kerikil agar saat hujan tidak tergenang air.

Dalam kunjungan yang didampingi Wali Nagari Aripan, Irwan dan anggota lainnya, Jon Pandu mendesak agar Dinas PU segera melakukan tindakan. Apalagi jalan tersebut merupakan jalan utama bagi masyarakat menuju Kota Solok dan Kecamatan X Koto Diatas.

"Semoga sudah bisa diperbaiki menjelang 2020. Sebab sudah dianggarkan di awal 2019," ujarnya.

Jon Pandu menyebutkan pada masa periode 2019-2024, anggota DPRD yang baru akn lebih memprioritaskan pembangunan infrastruktur daerah yang masih agak tertinggal, termasuk Aripan.

Selain jalan Aripan, masih banyak daerah lain yang pembangunan infrastrukturnya belum memadai, seperti di Tigo Lurah, Sariak Alahan Tigo, Sungai Abu, Sulit Air, Koto Anau dan lainnya.

Sementara itu, Wali Nagari Aripan, Irwan mengatakan sudah sering terjadi kecelakaan lalu lintas akibat jalan rusak tersebut. Ia meminta DPRD setempat untuk mendesak Pemda agar segera memperbaiki jalan tersebut.

"Kami sangat berharap agar segara dilakukan penanganan, mengingat sudah banyak kendaraan dan korban yang terjatuh dan luka-luka akibat jalan tersebut," sebutnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar