Sekwan datangkan BPK periksa kerusakan gedung DPRD Sumbar akibat demo mahasiswa

id Berita sumbar,padang,berita padang,unjuk rasa

Sekwan datangkan BPK periksa kerusakan gedung DPRD Sumbar akibat demo mahasiswa

Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis mengatakan pihaknya mendatangkan tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat untuk ikut memeriksa kerusakan yang terjadi di gedung DPRD Sumatera Barat pasca aksi perusakan oleh mahasiswa yang demonstrasi di gedung itu pada Rabu (25/9).

“Kita mengundang mereka melalui Inspektorat untuk melihat langsung kondisi gedung dan fasilitas yang mengalami kerusakan,” kata dia di Padang, Kamis.

Ia mengatakan BPK mengirimkan dua orang perwakilan untuk datang ke DPRD Sumbar pada Kamis (26/9) dan melakukan pemeriksaan kerusakan di gedung tersebut.

Baca juga: Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus tolak pengesahan sejumlah RUU di DPRD Sumbar (video)

Dirinya berharap dengan kedatangan BPK Perwakilan Sumbar tersebut dapat melihat kondisi nyata yang terjadi di gedung DPRD Sumatera Barat serta banyak fasilitas yang mengalami kerusakan.

“Kita berharap agar BPK tidak terkejut dengan pengusulan belanja barang yang membengkak nantinya karena menang harus ada pembelian,” katanya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya bersama Biro Aset dan Inspektorat Pemprov Sumbar terus menginventarisir barang-barang yang mengalami kerusakan dan kondisi penyekat ruangan dari kaca pecah.

Baca juga: Demo mahasiswa di DPRD Sumbar, Polresta Padang siap amankan

Selain itu sebagian besar gedung tersebut dicoret dengan gambar dan kata-kata tidak pantas yang coba dibersihkan petugas.

“Biaya cat gedung ini juga mahal bahkan nilainya mencapai ratusan juta rupiah, belum lagi fasilitas yang lain namun kita belum dapat menghitung semua,” kata dia.

Sementara itu, dirinya bersyukur seluruh mobil dinas DPRD Sumatera Barat tidak mengalami kerusakan sedikitpun dalam aksi kemarin.

Ia mengatakan total ada 23 unit mobil dinas DPRD Sumbar yang ada di gedung tersebut termasuk mobil pimpinan DPRD Sumbar yang terparkir.

“Seluruh sopir ikut menjaga keselamatan mobil dinas dan kita bersyukur tidak ada yang rusak,” katanya. (*)

Baca juga: Arus Lalu Lintas dari Khatib Sulaiman-Simpang DPRD ditutup karena demo mahasiswa

Baca juga: Ratusan mahasiswa menuju DPRD Sumbar sampaikan aspirasi (Video)

Baca juga: Polresta Padang kerahkan 350 personel kawal demo di DPRD Sumbar