TP PKK Tanah Datar wakili Sumatera Barat di Jambore Nasional 2019

id Jambore nasional,Tp pkk tanah datar

TP PKK Tanah Datar wakili Sumatera Barat di Jambore Nasional 2019

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tanah Datar mewakili Sumatera Barat pada jambore nasional 2019 di Jakarta. (Antara/Humas Tanah Datar)

Batusangkar (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tanah Datar, mewakili Sumatera Barat pada jambore nasional kader PKK 2019 yang digelar di hotel Mercure Ancol Jakarta pada 25-27 September 2019.

Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Kamis, mengatakan Tanah Datar mewakili Sumatera Barat karena setelah menjadi terbaik pada pergelaran Jambore TP PKK tingkat provinsi beberapa waktu lalu.

"Ini merupakan prestasi Tanah Datar karena mewakili Sumatera Barat pada jambore nasional 2019. Itu tidak lepas pada pergelaran kader PKK tingkat provinsi kita mampu menjadi terbaik," kata Ketua TP PKK Tanah Datar Emi Irdinansyah di stand Tanah Datar di jambore nasional Jakarta.

Ia mengatakan pada stand pameran yang diadakan jambore nasional tersebut pihaknya akan menampilkan kerajinan sulaman kapalo samek yang menjadi andalan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Nagari Situmbuak.

Untuk motif sulamannya menampilkan motif unik yang tidak dimiliki daerah lain. Sulaman itu juga diproduksi dalam bentuk baju kurung, kebaya, jilbab, tudung saji, tempat tisu, alas meja, dan bentuk lainnya.

Sementara untuk di bidang kuliner yang ditampilkan adalah berbagai makanan ringan asli olahan daerah Tanah Datar dan mendapat perhatian cukup bagus dari pengunjung.

Ia berharap dengan ditampilkan UP2K PKK Nagari Situmbuk bisa menjadi motivasi bagi PKK di tingkat nagari lainnya agar lahir prestasi lainnya dan menumbuhkan ekonomi dimasyarakat Tanah Datar.

"Prestasi yang diraih bisa meningkatkan motivasi dan lahir inovasi UKM UP2K lainnya di nagari-nagari, sehingga prestasi menjadi terbaik nasional bisa diikuti nagari lainnya di tahun mendatang," katanya.

Ia juga berharap pemerintah daerahhingga ke nagari juga berperan dalam meningkatkan dan menumbuhkan keterampilan masyarakat melalui pemberdayaan dan pelatihan yang bertujuan lahirnya ekonomi kreatif.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar