PDAM Tirta Langkisau targetkan 1.458 masyarakat berpenghasilan rendah akses Air bersih

id PDAM Tirta Langkisau,Cakupan air bersih

PDAM Tirta Langkisau targetkan 1.458 masyarakat berpenghasilan rendah akses Air bersih

Direktur PDAM Tirta Langkisau, Gusdan Yuwelmi. (ANTARA / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan sebanyak 1.458 rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tersambung akses air bersih 2019.

"Pemasangan telah dilaksanakan di sejumlah kecamatan di Pesisir Selatan, hingga saat ini sudah terpasang sekitar 1.163 sambungan atau 79,8 persen, kami menargetkan semuanya tuntas hingga akhir tahun," kata Direktur PDAM Tirta Langkisau, Gusdan Yuwelmi di Painan, Rabu.

Ia menambahkan kegiatan tersebut dilaksanakan guna menjawab kebutuhan masyarakat yang kurang mampu sehingga mereka dapat menikmati air bersih untuk berbagai aktivitas.

Hal tersebut, kata dia, juga sejalan dengan visi Bupati Pesisir Selatan yakni terwujudnya masyarakat yang mandiri, unggul, agamis, dan sejahtera.

Memaksimalkan hal tersebut tahun ini, PDAM Tirta Langkisau juga akan mengoperasikan instalasi pengolah air guna penyediaan air bersih di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh.

Instalasi pengolah air yang berlokasi di Nagari Sungai Nyalo Mudiek Aia Mandeh tersebut berkapasitas 20 liter per detik.

Instalasi pengolah air itu mampu menyambungkan air bersih ke 500 unit lebih rumah penduduk di daerah sekitar, dan beberapa hotel atau usaha sejenisnya.

"Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, sambungan ini juga memberikan kepastian baik kepada masyarakat maupun investor yang akan menjalankan berbagai usaha yang membutuhkan air bersih," sambungnya.

Selain itu sambungan air juga akan menjangkau beberapa tempat ibadah, toilet umum dan fasilitas lainnya dalam mendukung pengembangan kasawan Mandeh. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar