LL Dikti-Kadin kerja sama magang industri lahirkan lulusan PTS dengan kebutuhan industri

id Kadin Sumbar,LL Dikti

LL Dikti-Kadin kerja sama magang industri lahirkan lulusan PTS dengan kebutuhan industri

Kapala LL Dikti wilayah X beserta Ketua Kadin Sumbar menandatangani surat pernyataan kerjasama di Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang, Sumatera Barat. (ANTARA/Laila Syafarud)

Padang,  (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar untuk melahirkan lulusan Perguruan Tinggi Swasta sesuai kebutuhan industri.

Kepala LL Dikti wilayah X Prof Herri di Padang, Rabu, mengatakan program utama yang akan digagas dalam kerja sama ini ialah program magang.

Diadakannya kerja sama ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta yang akan magang di berbagai perusahaan yang berada di dalam lingkungan kadin Sumbar.

"Selain itu, kerja sama ini juga berupaya untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman praktis, sehingga pada saat mereka tamat mereka sudah tahu tentang proses berbisnis secara umum," ujarnya setelah menandatangi surat persetujuan kerja sama dengan Kadis.

Selain itu, ia juga mengatakan dalam kerja sama tersebut sudah membuat buku panduan untuk magang untuk mahasiswa PTS yang akan magang di berbagai perusahaan di bawah naungan Kadin.

Menurut Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh ke depan persaingan di bidang industri semakin ketat semuanya penuh dengan tantangan yang serba canggih dan berbasis digital.

Ia juga mengatakan ke depannya perekonomian di Sumbar tergantung pada lima P yakni pengembangan pertanian, industri, perdagangan, pariwisata dan pendidikan.

"Tentunya semua itu bisa dikembangkan hanya dengan dunia pendidikan," ujarnya.

Menurutnya gagasan mengadakan kerja sama ini ialah suatu langkah yang tepat dan perlu ditindak lanjuti ke depannya, jika hal itu dilakukan dengan sungguh maka ia yakin Sumbar ke depannya akan semakin maju lagi.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK), Herman Nawas selaku pendiri Universitas Putra Indonesia, Padang berterima kasih atas usaha LL Dikti wilayah X yang telah menjalin kerja sama dengan Kadis Sumbar dengan adanya kerja sama tersebut dapat melibatkan PTS dalam menggerakkan industri di Sumbar.

Ia juga berharap ke depannya kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar