Demi persiapan Piala Asia, Timnas U-16 jalani TC setiap bulan

id bima sakti,piala asia u16,timnas u16

Demi persiapan Piala Asia, Timnas U-16 jalani TC setiap bulan

Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti menjawab pertanyaan para pewarta setelah memimpin latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Selasa. (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta, (ANTARA) - Tim nasional U-16 Indonesia akan menjalani pemusatan latihan (TC) setiap bulan untuk persiapan menuju Piala Asia U-16 2020 yang digelar di Bahrain.

"Nanti akan ada program bulanan. Saya belajar ini dari pelatih Luis Milla," ujar pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti, yang menjadi asisten Luis Milla di timnas U-23 Indonesia tahun 2017-2018, usai laga kontra China di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (22/9) malam.

Menurut pelatih asal Balikpapan itu, TC tersebut nantinya dilakukan di beberapa wilayah, tidak lagi hanya di kawasan Jakarta, Bogor atau Cikarang.

Beberapa daerah lain utamanya di Pulau Jawa rencananya dipilih sebagai lokasi TC.

"Mungkin bisa di Yogyakarta, Surabaya, Malang," kata Bima.

Namun, sebelum TC itu berjalan, Bima Sakti memberikan kesempatan para pemainnya untuk memperkuat klub masing-masing di kompetisi Elite Pro Academy PSSI.

Dengan bertanding rutin, kebugaran para pemain diharapkan terjaga dan semangat bersaing tetap tinggi.

"Oleh karena itu, saya berterima kasih dengan adanya Elite Pro Academy ini, juga turnamen-turnamen lain yang digelar pihak swasta," tutur Bima.

Timnas U-16 Indonesia lolos ke Piala Asia U-16 2020 sebagai salah satu dari empat peringkat dua terbaik di kualifikasi.

Skuat berjuluk Garuda Asia tidak terkalahkan di Grup G kualifikasi, menang tiga kali dan imbang sekali dari empat laga. Mereka melesakkan 27 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Di pertandingan terakhirnya di fase grup yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9) malam, Indonesia menahan imbang China dengan skor 0-0. (*)