Ajax dan PSV berbagi satu poin dalam lawatan ke Stadion Philips

id ajax,psv,liga belanda

Ajax dan PSV berbagi satu poin dalam lawatan ke Stadion Philips

Pemain Ajax Quincy Promes merayakan golnya ke gawang PSV Eindhoven dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Philips, Eindhoven, Belanda, Minggu (22/9/2019). (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta, (ANTARA) - Ajax harus rela berbagi satu poin dengan PSV Eindhoven seusai main imbang 1-1 dalam lawatan ke Stadion Philips untuk laga pekan ketujuh Liga Belanda, Minggu.

Gol Quincy Promes yang sempat membawa Ajax unggul berhasil dibalas PSV lewat Donyell Malen, penyerang mereka yang tengah naik daun, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Kendati demikian hasil itu cukup bagi kedua tim untuk mengamankan kembali posisi mereka di dua teratas klasemen setelah sempat digusur oleh Vitesse Arnhem selama kurang dari 24 jam.

Ketiga tim sama-sama memiliki 14 poin namun Ajax unggul selisih gol berupa surplus 14 gol, disusul PSV surplus 11 gol di posisi kedua dan Vitesse ketiga dengan surplus empat gol saja.

Baik Ajax maupun PSV masih punya kesempatan untuk menciptakan keunggulan di klasemen, mengingat keduanya akan menjalani laga tunda pekan keempat pada tengah pekan mendatang.

Pertandingan berjalan sangat ketat, namun Ajax sedikit mengungguli agresivitas tuan rumah.

Pun demikian peluang yang kedua tim ciptakan tak kunjung membuahkan hasil hingga turun minum, termasuk tembakan sudut sempit penyerang Ajax Dusan Tadic pada pengujung babak pertama masih bisa diamankan kiper Jeroen Zoet.

Promes akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-63 saat ia menerima umpan kiriman Tadic dan melepaskan tembakan terukur ke sudut kiri bawah gawang.

Ajax hampir menggandakan keunggulan lima menit berselang saat Hakim Ziyech berhasil menerima bola umpan sundulan Edson Alvarez, namun tembakannya masih bisa diamankan oleh Zoet.

PSV yang tak tinggal diam akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-78 saat umpan terobosan Cody Gakpo berhasil dikuasai Malen dan diselesaikan dengan baik untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Kedua tim berusaha mencari gol kemenangan pada sisa waktu yang ada, namun tak ada peluang cukup berbahaya terjadi hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Susunan pemain:

Ajax (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Timo Baumgartl, Nick Viergever, Michal Sadilak (Olivier Boscagli); Pablo Rosario, Mohammed Ihattaren, Jorrit Hendrix (Cody Gakpo); Bruma, Donyell Malen, Steven Bergwijn

Pelatih: Erik ten Hag

PSV Eindhoven (4-3-3): Andre Onana; Sergino Dest, Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Edson Alvarez, Quincy Promes, Lisandro Martinez; Hakim Ziyech, Dusan Tadic, David Neres (Donny van de Beek)

Pelatih: Mark van Bommell