Lumat AC Milan 2-0, Inter depak Juventus dari puncak klasemen

id Inter Milan,AC Milan,Liga Italia,derby milan

Lumat AC Milan 2-0, Inter depak Juventus dari puncak klasemen

Pelatih Inter Milan Antonio Conte (kiri) dan penyerang Romelu Lukaku (kanan) merayakan gol yang dicetak penyerang Belgia tersebut dalam pertandingan Liga Italia melawan AC Milan yang dimainkan di San Siro, Milan, Minggu (22/9/2019 ) dini hari WIB. (ANTARA/AFP/MIGUEL MEDINA)

Jakarta (ANTARA) - Inter Milan mendepak Juventus dari puncak klasemen Liga Italia setelah membungkam AC Milan 2-0 dalam pertandingan di Stadion San Siro, Milan, Minggu dini hari WIB.

Dua gol Nerrazzuri dibukukan oleh Marcelo Brozovic (49') dan Romelu Lukaku (78'), demikian dilansir laman resmi Liga Italia.

Inter kembali ke pucuk klasemen dengan koleksi 12 poin, unggul dua poin dari pesaing terdekat, Juventus.

Bagi Milan, kekalahan ini memutus tren kemenangan mereka. Rossonerri juga harus turun empat strip ke peringkat ketujuh dengan koleksi enam poin.

Inter sudah mengancam sejak fase awal laga. Ricardo Rodriguez mengirim operan ke belakang yang buruk kepada Gianluigi Donnarumma, namun kewaspadaan sang kiper terhadap pergerakan Lautaro Martinez membuat gawang tuan rumah masih aman.

Krzysztof Piatek mencetak gol ke gawang Inter, namun gol itu tidak disahkan karena sebelumnya Franck Kessie menyentuh bola dengan tangan.

Sisa babak pertama diwarnai dengan saling meneror di antara kedua tim. Inter memasukkan bola melalui Martinez, namun golnya tidak disahkan karena ia dan D'Ambrosio berada dalam posisi offside.

Setelah turun minum, Stefano Sensi mengirim bola tendangan bebas yang pendek kepada Brozovic. Pemain Kroasia itu kemudian melepaskan tembakan keras yang dibelokkan tumit Rafael Leao untuk mengecoh Donnarumma menjadi gol.

Hakim garis sempat mengangkat bendera offside, namun setelah tinjauan VAR, gol itu disahkan.

Setelah kemasukan Milan mendominasi penguasaan bola, namun kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Justru Nicolo Barella yang mampu mengirimkan umpan silang dari sisi kiri untuk disambar tandukan Romelu Lukaku, yang membuat Inter menggandakan keunggulan.

Pemain Matteo Politano hampir mengubah kedudukan menjadi 3-0 beberapa saat kemudian, namun tembakannya membentur mistar gawang.

Pemain pengganti di kubu Milan, Theo Hernandez, juga memiliki peluang yang digagalkan tiang gawang saat ia melepaskan tembakan dari sudut sempit.

Menjelang waktu normal habis, pemain pengganti Inter Antonio Candreva memiliki peluang serupa. Namun sepakannya membentur bagian bawah tiang gawang.

Susunan pemain, dari laman Liga Italia:

AC Milan (4-3-1-2):
Gianluigi Donnarumma, Andrea Conti, Mateo Mussacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez (Theo Hernandez 72'), Franck Kessie, Lucas Biglia, Hakan Calhanoglu (Lucas Paqueta 64'), Suso, Krzysztof Piatek, Rafael Leao (Ante Rebic 83')

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic, Diego Godin, Stefan de Vrij, Milan Skriniar, Danilo D'Ambrosio, Nicolo Barella (Antonio Candreva 82'), Marcelo Brozovic, Stefano Sensi (Matias Vecino 72'), Kwadwo Asamoah, Lautaro Martinez (Matteo Politano 76'), Romelu Lukaku