Pesan RKSDA Pesisir Selatan cegah cegah kebakaran lahan

id berita pesisir selatan, berita sumbar, berita terkini,akibat kebakaran, penyebab kabut asap,pengertian kabut asap

Pesan RKSDA  Pesisir Selatan cegah cegah kebakaran lahan

Kepala RKSDA Pesisir Selatan, Bilmar memasang baliho ajakan kepada masyarakat agar mencegah kebakaran hutan dan lahan di Nagari Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan. (Antara/Didi Someldi)

Painan (ANTARA) - Resort Konservasi Sumber Daya Alam (RKSDA) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengajak masyarakat setempat berperan aktif mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan memperkuat sosialisasi baik langsung maupun menggunakan baliho.

"Kami intens mengajak masyarakat agar berperan dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan, baik dari mulut ke mulut maupun melalui baliho," kata Kepala RKSDA Pesisir Selatan, Bilmar di Painan, Sabtu.

Ia mengatakan terkait sosialisasi menggunakan baliho hari ini pihaknya memasang di dua titik pusat keramaian di daerah setempat, yakni di Terminal Sago, Kecamatan IV Jurai dan Nagari Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan.

"Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan karena masyarakat merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan," imbuhnya.

Ia mengatakan banyak kerugian yang akan dirasakan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan mulai dari udara yang tidak segar, kekeringan karena hutan tidak lagi lestari, punahnya ekosistem hutan dan lain sebagainya.

Selain memperkuat sosialisasi upaya lain yang dilakukan sebagai guna meminimalkan kebakaran hutan ialah dengan menggelar patroli rutin.

"Patroli juga merupakan bagian yang tidak kalah penting dalam mencegah kebakaran, dan kegiatan tersebut rutin dan digelar di lokasi-lokasi tertentu secara acak," tambahnya lagi.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar