Jangkau masyarakat pinggir kota, BPJS Kesehatan Padang sediakan layanan mobil keliling

id berita padang, berita sumbar, bpjs kesehatan

Jangkau masyarakat pinggir kota, BPJS Kesehatan Padang sediakan layanan mobil keliling

Layanan mobil keliling BPJS Kesehatan Padang ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang menyediakan layanan mobil keliling untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang aksesnya jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

"Mobil layanan keliling tersebut memang diperuntukkan khusus untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, terutama yang tinggal jauh dari pusat kota," kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang PadangDebi Mersah Putra di Padang, Jumat.

Ia memaparkan wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang cukup luas, meliputi lima kabupaten dan kota, sehingga keberadaan mobil keliling cukup membantu pelayanan institusi itu.

Misalnya, kata dia, untuk menjangkau warga di Kecamatan Lunang, Silaut, dan Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan merupakan daerah terujung berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu.

Di Kota Padang, pihaknya juga menyediakan layanan mobil keliling untuk menyambangi masyarakat di Pasar Belimbing, Pasar Bandar Buat, dan Balai Gadang.

Ia menyampaikan masyarakat cukup terbantu dengan keberadaan mobil layanan keliling karena jauhnya jarak dan susahnya akses ke kantor BPJS Kesehatan.

Contohnya, ujar dia, di Silaut untuk bisa ke Painan yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan, setidaknya masyarakat tidak perlu menempuh sehari perjalanan dan bisa hemat uang transportasi Rp300 ribu.

Di mobil keliling, masyarakat bisa membayar iuran, bertanya seputar BPJS Kesehatan, hingga mendaftar jadi peserta jaminan sosial itu.

Salah seorang warga Lubuk Minturun Padang,Doni Darmis, merasa terbantu dengan adanya mobil keliling BPJS Kesehatan.

"Pas lihat mobilnya saya baru ingat belum bayar iuran, jadi bisa langsung bayar," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar