Kementerian PUPR serahkan bantuan rumah untuk Pesisir Selatan

id Handrajoni

Kementerian PUPR serahkan bantuan rumah untuk Pesisir Selatan

Hendrajoni di acara Pelaksanaan Serah Terima Aset Rumah Susun dan Rumah Khusus dari Kementerian PUPR. (ist)

Painan, (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan bantuan 20 unit rumah untuk Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat di Jakarta, Kamis.

"Ya hari ini Kementerian PU-PR menyerahkan 20 unit rumah ke Pesisir Selatan," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai menghadiri Pelaksanaan Serah Terima Aset Rumah Susun dan Rumah Khusus dari Kementerian PU-PR dihubungi di Painan.

Ia menambahkan ke 20 unit rumah khusus tersebut telah dibangun di Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas pada 2018.

"Total anggaran yang dikucurkan untuk membangun seluruh rumah tersebut mencapai Rp3,065 Miliar, semoga ke depan berbagai bantuan terus bisa kami akses ke pemerintah pusat," katanya lagi.

Selain Pesisir Selatan, kata dia, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid juga melakukan hal serupa terhadap sejumlah kabupaten, provinsi, universitas, dan instansi terkait lainnya.

Hendrajoni memaparkan sepanjang 2019 ini di Pesisir Selatan dibangun sebanyak 1.000 unit rumah layak bagi keluarga kurang mampu di daerah setempat.

Jumlah pembangunan rumah tidak layak tersebut mengalami peningkatan dibanding 2017 yang hanya 60 unit saja.

Sementara pada 2018 jumlah rumah layak yang direhabilitasi mengalami kenaikan hingga mencapai 2.035 unit.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pesisir Selatan, Mukhridal mengatakan di kabupaten itu terdapat sebanyak 10.956 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di 15 kecamatan dan sebanyak 6.812 kepala keluarga masih menumpang atau mengontrak karena belum memiliki rumah.

Selain menanti bantuan dari pemerintah pusat semenjak tiga tahun terakhir pihaknya juga menggelontorkan anggaran belanja daerah untuk merehab rumah tidak layak.

Total sudah 559 unit rumah tidak layak yang direhab menjadi rumah layak, dengan rincian pada 2017 sebanyak 28 unit, 2018 sebanyak 191 unit dan 2019 sebanyak 340 unit. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar