14 even wisata Tanah Datar akan meriahkan Festival Pesona Budaya Minangkabau 2019

id Efrison,Festival Pesona Budaya Minangkabau 2019,berita tanah datar,tanah datar terkini,berita sumbar,sumbar terkini

14 even wisata Tanah Datar akan meriahkan Festival Pesona Budaya Minangkabau 2019

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Efrison. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Sebanyak 14 even akan digelar untuk memeriahkan Festival Pesona Budaya Minangkabau 2019 di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang dimulai pada 4 hingga 7 Desember 2019.

Kabid Pariwisata Tanah Datar,Efrison di Batusangkar, Kamis, mengatakan eventersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar, sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

Kegiatan itu akan dipusatkan di Istano Basa Pagaruyuang dan beberapa tempat lainnya yang akan menyesuaikan dengan kegiatan berkaitan atraksi seni dan budaya tersebut.

Ia mengatakan 14 eventersebut merupakan spesifik atau cirinya budaya di Tanah Datar yang juga bisa diikuti kabupaten dan kota lainnya di Sumatera Barat

Di antaranyafestival kopi, pacu jawi, dialog wisata budaya tentang pengembangan dan pelestarian wisata daerah, Tanah Datar tourist award seperti lomba penulisan berita pariwisata terbanyak, lomba pelaku atau penggiat pariwisata terbaik.

Selain itu juga ada pawai budaya, arakan jamba yang juga pemecahan rekor MURI pada acara ini sebelumnya, Pagaruyung ekspo, dan pagelaran seni budaya lainnya.

Ia mengatakan Festival Pesona Budaya Minangkabau ini bertujuan melestarikan, sekaligus mempromosikan pesona wisata Minangkabausalah satunya dengan pemecahan rekor MURI.

Pada 2017 rekor MURIyang dipecahkan adalah arakan jamba terbanyak dan terpanjang, dan pada 2018 rekor yang dipecahkan adalah minuman kawa daun terbanyak dengan menggunakan tempurung kelapa.

"Untuk tahun ini rencananya pemecahan rekorMURI pemain talempong genggam terbanyak dengan melibatkan anak SMA," katanya.

Festival pesona budaya Minangkabau merupakan even tahunan Kabupaten Tanah Datar yang sudah masuk 100 Calender of Event Indonesia 2019 bersama Tour de Singkarak (TdS) dan EvenPasar Harau Kabupaten Limapuluh Kota. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar