Calon magang asal Agam berangkat ke Jepang akhir 2019

id magang ke jepang,berita agam,agam terkini

Calon magang asal Agam berangkat ke Jepang akhir 2019

Magang ke jepang (Antara Sumut/ist)

​​​​​​​Lubukbasung  (ANTARA) - Sebanyak 11 peserta magang dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat bakal bertolak ke Japang menjelang akhir 2019 untuk bekerja di bidang peternakan, pertanian, elektronik dan lainnya.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP dan Naker) Agam, Usman di Lubukbasung, Rabu, mengatakan peserta magang ini akan berangkat ke Jeapang secara bertahap.

Untuk tahap pertama, akan berangkat tujuh orang pada 1 November 2019, tahap kedua sebanyak dua orang berangkat pada November 2019, tahap ketiga sebanyak dua orang berangkat pada akhir Desember 2019.

"Kepala DPMPTSP dan Naker Agam akan menghadiri pelepasan keberangkatan peserta magang itu," katanya didampingi Kasi Peningkatan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Kusma Betty.

Ia mengatakan 11 peserta magang itu sedang mengikuti praktik di Lembang, Jawa Barat. Peserta magang tersebut berada di Lembang semenjak beberapa bulan lalu.

"Mereka di Lembang setelah diyatakan lolos seleksi oleh panitia dari Kementerian Tenaga Kerja dan Trasmigrasi dan panitia dari Japang," katanya.

Ia menambahkan, saat ini 16 peserta magang dari Agam lolos seleksi tingkat Sumbar.

Mereka mengikuti seleksi tingkat pusat selama dua bulan di Kota Padang dan setelah dinyatakan lolos, maka mereka bertolak ke Japang pada 2020.

"Kita telah memberikan pelatihan kepada peserta magang sebelum mengikuti seleksi tingkat Sumbar, agar mereka bisa bersaing dengan peserta lain," katanya.

Ia mengakui, jumlah warga daerah itu yang bekerja di luar sebanyak 28 orang. Ke 28 orang itu bekerja di Malaysia 20 orang dan Japang delapan orang.

Khusus di Malaysia, mereka tidak ada bekerja rumah tangga, namun mereka bekerja di bidang pertanian, perkebunan dan lainnya.

"Kita tidak memberikan rekomendasi untuk pekerjaan rumah tangga," katanya. (*)