Enam siswa pemenang lomba aku saudagar muda program RKB BNI Payakumbuh

id Payakumbuh, aku saudagar muda, wirausaha, wawako payakumbuh, erwin yunaz

Enam siswa pemenang lomba aku saudagar muda program RKB BNI Payakumbuh

Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz bersama pimpinan BNI Cabang Payakumbuh dan kepala SMAN 1 Payakumbuh dalam suasana penyerahan hadiah pemenang program Rumah Kreatif BUMN "Aku Saudagar Muda" (Ist)

Payakumbuh (ANTARA) - Sebanyak enam dari 10 orang siswa-siswi perwakilan SLTA se-Kota Payakumbuh jadi pemenang dalam lomba Aku Saudagar Muda yang digagas Rumah Kreatif yang dikelola BNI Payakumbuh.

Ke enam orang pemenang, meliputi tiga dari siswa SMAN 1 Payakumbuh, satu siswa SMAN 2 Payakumbuh, dan satu siswa SMKN 2 Payakumbuh, dan satu lagi dari siswa Politeknik Pertanian Payakumbuh.

“Hasilnya sudah ada enam orang pemenang, setengah dari pemenang merupakan siswa SMAN 1 Payakumbuh,” kata pimpinan BNI Cabang Payakumbuh Mesdepesa yang diwakili Pemimpin Bidang Layanan Erwin Rahman, Jumat.

Hadir Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz pada acara penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Aku Saudagar Muda BNI di Aula SMAN 1 Payakumbuh.

Lomba ini merupakan Program dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) Kota Payakumbuh. Sebelumnya, 10 siswa-siswi perwakilan SLTA se Kota Payakumbuh mengikuti lomba ini selama dua bulan dari 27 April sampai 27 Juni 2019.

Sistem dalam lomba itu, dimana siswa berjualan produk UMKM binaan RKB Payakumbuh. Kategori penilaian meliputi banyaknya jenis dan produk yang dijual (50 persen), banyaknya komik yang dikirim dan hastage yang diupload di media sosial Instagram (35 persen), serta kesesuaian caption komik dan upload foto ditambah dengan caption di Instagram (15 persen).

Kepala SMAN 1 Payakumbuh Erwin Satriadi menyebut program ini dapat menjadi stimulan untuk menumbuhkan semangat siswa menjadi wirausaha muda, cocok dan selaras sekali dengan apa yang digerakkan di kampus Bougenville ini.

Program RKB dikelola BNI Payakumuh ini menumbuhkan jiwa wirausaha, sekolah menghadirkan pelaku dunia UKM kepada siswa di Sekolah.

“Agar semangat berwirausaha yang digaungkan oleh kepala daerah kita dapat diajarkan kepada anak didik serta memberikan mereka motivasi dengan menghadirkan pelaku UKM yang telah berhasil di Payakumbuh,” kata Erwin.

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz menyerahkan hadiah 1 unit Laptop, 3 unit Smartphone, 6 paket data internet selama 1 tahun, estimasi total hadiah dari BNI senilai Rp32 juta.