Dharma Pertiwi Daerah A Tanamkan Nilai Bela Negara dengan Lomba Baris Berbaris

id Persit

Dharma Pertiwi Daerah A Tanamkan Nilai Bela Negara dengan Lomba Baris Berbaris

Ketua Dharma Pertiwi Daerah A Sumbar, Mia Kunto Arief Wibowo bersama Danrem 032 Wirabraja usai membuka acara lomba PBB. (ANTARA SUMBAR/HO))

Padang, (ANTARA) - Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A menanamkan semangat bela negara pada generasi muda dengan menggelar lomba baris-berbaris tingkat SMP, SMA/SMK di provinsi itu.

"Sebagai generasi penerus dan pewaris bangsa, semangat kebangsaan tidak boleh luntur oleh arus globalisasi. Ini salah satu upaya kita untuk menjaga semangat itu," kata Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A, Mia Kunto Arief Wibowo di Padang, Rabu.

Ia yakin lomba yang digelar akan mampu mendorong terbentuknya generasi yang berkepribadian, bangga sebagai bangsa Indonesia, bermental tangguh dan mandiri serta memiliki kesadaran untuk membela negaranya.

Generasi itu akan menjadi dasar untuk terbangunnya iklim yang kondusif terbangunnya sendi-sendi perkonomian bangsa sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera.

"Melalui kegiatan ini saya mengimbau generasi muda Sumbar untuk memperkuat solidaritas sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain semangat bela negara, lomba baris-berbaris ini sekaligus juga untuk memeriahkan HUT TNI ke-74 di Sumbar.

Ratusan siswa SMP, SMA/SMK antusias mengikuti lomba di lapangan Imam Bonjol Padang itu. Selain kemampuan berbaris, mereka juga "pamer" yel-yel 0 yang kreatif.

Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Sumatera Barat Daerah A, Mia Kunto Arief Wibowo berharap kegiatan baris berbaris bisa menjadi kegiatan ekstra kurikuler di sekolah-sekolah di Sumbar.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.**