Jadikan pusat ekonomi baru, Pesisir Selatan fokus kembangkan daerah transmigrasi

id Hendrajoni,daerah transmigrasi pertumbuhan ekonomi,berita pesisir selatan,berita sumbar,pesisir selatan terkini,sumbar terkini

Jadikan pusat ekonomi baru, Pesisir Selatan fokus kembangkan daerah transmigrasi

Bupati Hendrajoni ketika menghadiri Kongres Nasional Transmigrasi (KTN) 2019 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. (ist)

Painan. (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat fokus mengembangkan daerah transmigrasi dengan menjadikannya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

"Ya kami serius untuk hal itu, salah satunya di KTM Silaut yang merupakan kawasan trasmigrasi di Pesisir Selatan," kata Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni ketika menghadiri Kongres Nasional Transmigrasi (KTN) 2019 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa (17/9).

Ia menambahkan secara bertahap pihaknya akan mengembangkan lokasi dengan melengkapi sarana prasarana di lokasi.

Menurutnya pembangunan transmigrasi tidak hanya sebatas memindahkan masyarakat dari satu daerah ke daerah lain, namun mesti menjadikan kawasan transmigrasi sebagai daerah yang cepat tumbuh dan pusat pertumbuhan baru.

"Keseriusan kami dalam mengembangkan daerah transmigrasi mendapat apresiasi dari pusat, semoga Pesisir Selatan tetap menjadi perhatian pusat dalam pembangunan di wilayah transmigrasi", kata dia.

Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni menghadiri Kongres Nasional Transmigrasi (KTN) 2019 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa (17/09), kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dengan tema "Restorasi Transmigrasi 4.0 Untuk Mewujudkan SDM Mandiri dan Sejahtera".

Kongres Nasional Transmigrasi ini dilangsungkan 16-17 September 2019 dan dihadiri oleh Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo.

Jumlah peserta mencapai 300 orang dan dihadiri oleh 1.200 partisipan yang terdiri dari Kementerian/Lembaga, Gubernur, Bupati, Perguruan Tinggi, Kepala Dinas Provinsi dan Kabupaten, Anggota Legislatif DPR-RI, media massa, mitra kerja di kawasan Transmigrasi.

Selanjutnya tim Advisor Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, serta pemantik dan pembahas dalam Focus Group Discussion (FGD) I, II, dan III.

Kabupaten Pesisir Selatan menjadi satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat yang diundang oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dalam kesempatan itu. (*)