Saham-saham Wall Street berakhir naik di tengah pertemuan Fed dan data ekonomi

id Wall Street,indeks komposit nasdaq,indeks dow jones,indeks s&p,penurunan suku bunga fed,bursa saham

Saham-saham Wall Street berakhir naik di tengah pertemuan Fed dan data ekonomi

Ilustrasi: Para pialang sedang bekerja di lantai Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat (REUTERS/Brendan McDermid)

New York, (ANTARA) - Saham-saham di Wall Street membukukan kenaikan moderat pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), di tengah pertemuan kebijakan moneter utama Federal Reserve (Fed) dan sejumlah data ekonomi setelah sehari sebelumnya menyusul serangan terhadap fasilitas minyak di Arab Saudi selama akhir pekan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 33,98 poin atau 0,13 persen, menjadi ditutup di 27.110,80 poin. Indeks S&P 500 bertambah 7,74 poin atau 0,26 persen, menjadi berakhir di 3.005,70 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup naik 32,47 poin atau 0,40 persen, menjadi 8.186,02 poin.

Sembilan dari 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih tinggi, dengan sektor real estat dan utilitas masing-masing naik 1,4 persen dan 0,89 persen, memimpin kenaikan. Sementara sektor energi turun 1,52 persen, menjadi kelompok dengan kinerja terburuk.

Wall Street berakhir lebih tinggi karena dampak serangan akhir pekan terhadap kilang minyak terbesar Arab Saudi memudar dan investor menunggu penurunan suku bunga Federal Reserve yang diperkirakan pada Rabu waktu setempat.

Pertemuan kebijakan moneter September Federal Reserve AS dimulai pada Selasa (17/9/2019) dan bank sentral diperkirakan akan mengumumkan keputusan terbaru tentang suku bunga pada Rabu sore waktu setempat. Pasar bertaruh tinggi pada langkah-langkah penurunan suku bunga lebih lanjut.

"Pemotongan suku bunga yang kami perkirakan pada kuartal keempat mencerminkan keyakinan kami bahwa lapangan kerja akan terus melambat, konsumsi juga akan memudar dan arus lintas global akan terus berlanjut," kata Kepala Ekonom FTN Financial Chris Low dalam sebuah catatan.

Di sisi ekonomi, produksi industri AS naik 0,6 persen pada Agustus setelah turun 0,1 persen pada Juli, Federal Reserve melaporkan Selasa (17/9/2019). Wall Street memperkirakan kenaikan 0,4 persen, menurut survei MarketWatch. (*)