Forum Kabupaten Sehat Solok Selatan bagikan masker

id Kabut Asap,Forum Kabupaten sehat ,Solok Selatan

Forum Kabupaten Sehat Solok Selatan bagikan masker

Ketua forum Kabupaten sehat Solok Selatan Afrizal Amir membagikan masker kepada salah seorang pengendara yang melintas di jalan Timbulun, Kec. Sangir, Senin (ANTARA/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Forum Kabupaten sehat Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, membagikan masker untuk mengurangi risiko bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan karena kualitas udara yang mulai tidak sehat akibat kabut asap yang pekat.

"Dengan kondisi udara yang semakin hari tidak sehat sebaiknya saat aktivitas di luar ruangan menggunakan masker. Kami membagikan seribu lembar masker kepada pengendara yang melintas," kata Ketua forum Kabupaten sehat Solok Selatan Afrizal Amir, di Padang Aro, Senin.

Pada Senin, katanya, pembagian masker dilaksanakan di Padang Aro sebanyak 500 lebar dan sebagian lagi dilakukan di Muaralabuh.

Dia mengatakan pembagian masker kepada masyarakat merupakan bentuk kepedulian forum terhadap kesehatan warga di saat udara sudah tercemar asap.

Saat kegiatan bagi-bagi masker di jalan, katanya, banyak masyarakat yang meminta bahkan seribuan masker yang disediakan habis dengan cepat.

Dia berharap kabut asap bisa segera hilang sehingga aktivitas masyrakat kembali normal tanpa kekhawatiran akan terserang penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman didampingi Kasi Penyehatan Lingkungan Abdul Haris mengatakan pihaknya sudah menyediakan masker sebanyak 20 persen dari jumlah penduduk.

"Saat ini kami menyediakan 685 kotak masker kalau kurang akan ditambah lagi," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan kondisi udara saat ini pihaknya telah melakukan gerak cepat guna mengantisipasi penyakit akibat kabut asap.

"Besok petugas dinas akan membagikan masker kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu Puskesmas juga sudah disurati untuk membagikan masker kepada masyarakat diwilayah kerja masing-masig.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar