Para calon pensiunan ASN dilatih cara berwirausaha budidaya lele organik

id Bank mandiri

Para calon pensiunan ASN dilatih cara berwirausaha budidaya lele organik

Kepala Bank Mandiri Taspen cabang Bukittinggi Hadi Cahyono. (ANTARA SUMBAR/Laila)

Padang (ANTARA) - Para calon pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Kota Solok mendapatkan pelatihan tentang cara berwirausahamembudidayakan lele organik oleh Bank Mandiri Taspen untuk masa pensiunan yang sejahtera.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para calon pensiunan ASN supaya mereka tetap produktif dan harapannya juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan," kata Kepala Bank Mandiri Taspen cabang Bukittinggi Hadi Cahyono di Padang, Sabtu.

Menurutnya pengembangan usaha budidaya lele banyak diminati, salah satunya bagi para calon pensiunan ASN yang tengah mengikuti pelatihan saat ini.

"Karena budidaya ikan lele mudah dilakukan, tidak memerlukan lahan yang luas, dan masa panen yang singkat," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan saat ini permintaan ikan lele di wilayah Sumatera Barat cukup tinggi yakni mencapai dua sampai tiga ton per bulan.

"Besarnya jumlah kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi oleh para pembudidaya lele di Padang, tentu hal ini menjadi peluang usaha bagi para pensiunan ASN nantinya," Sambung dia.

Pelatihan wirausaha budidaya lele tersebut diikuti sebanyak 25 orang calon pensiunan ASN dari pemerintahan Kota Solok.

Para peserta juga dibekali tentang tata cara membudidayakan ikan lele mulai dari proses penyediaan hingga panen.

"Bagi peserta yang tertarik melanjutkan usaha akan didampingi komunitas Maksi Plus mulai dari penyediaan hingga panen," pungkas dia.

Selain pelatihan wirausaha budidaya lele organik Bank Mandiri Taspen juga mengadakan pelatihan tentang pengelolaan hidroponik dan jamur tiram yang diadakan sebanyak dua kali dalam setahun.

Ia juga mengatakan hingga saat ini jumlah pensiunan ASN yang tergabung dalam program wirausaha yang digagas Bank Taspen sudah sebanyak 2.000 nasabah se-Sumatera Barat.

"Program ini sudah diadakan sejak 2017 dengan melakukan 82 kali pelatihan tentang kewirausahaan di berbagai wilayah dan yang saat ini merupakan pelatihan yang ke 83 kali," sambungnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan tersebut para pensiunan ASN sukses dalam menjalankan usaha yang mereka jalankan.(*)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar