Kabut asap menyerang, PMI Pasaman Barat bagikan masker ke masyarakat

id PMI bagikan masker

Kabut asap menyerang, PMI Pasaman Barat bagikan masker ke masyarakat

PMI Pasaman Barat mulai bagikan masker gratis kepada masyarakat di sejumlah titik menyikapi bahaya asap saat ini, Sabtu (14/9). (ANTARA/HO/Altas Maulana)

Simpang Empat,- (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mulai membagikan masker gratis kepada masyarakat terkait asap yang juga menyelimuti daerah itu.

"Untuk hari ini kita menargetkan 5.000 masker sudah dibagikan," kata Kepala Markas PMI Pasaman Barat, Ridawarsa di Simpang Empat, Sabtu (14/9).

Ia mengatakan pihaknya membagikan masker di sejumlah titik lokasi yakni di bundaran Simpang Empat, lampu merah Pasaman Baru, Komplek Kampus Yaptip dan perumahan, Mahakarya, Kinali dan Talu.

Menurutnya pendistribusian masker itu, PMI melibatkan seluruh jaringan dan mitra yang ada.

"Di antaranya adalah melibatkan relawan KSR/TSR dan PMR. Mudah-mudahan seluruh masker sampai ke masyarakat," harapnya.

Sedangkan untuk hari Senin (16/9) nanti pihaknya bersama Pemkab Pasaman Barat akan bersama-sama membagikan masker ke masyarakat dan sekolah-sekolah yang ada.

Ia mengajak anak-anak untuk dapat mengurangi aktivitas di luar rumah karena bahaya asap.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra mengatakan hingga saat ini kualitas udara di Pasaman Barat kondisi relatif aman sambil menunggu hasil uji sampel udara oleh Dinas Lingkungan Hidup.

"Kita sudah menyiapkan sekitar 3.000 masker yang akan dibagikan segera," katanya.

Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat masih menunggu hasil labor pengujian udara yang dilakukan pada Sabtu (14/9) pagi.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar