Papua Damai - Dukung program Go Adipura, warga Jayapura deklarasikan jaga kedamaian

id Papua,go jayapura, deklarasi damai,papua terkini,papua news,berita papua,peta papua,luas pulau papua

Papua Damai - Dukung program Go Adipura, warga Jayapura deklarasikan jaga kedamaian

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menandatangani deklarasi kesepakatan dalam rangka menjaga tanah Papua damai dan kerja bhakti massal guna mendukung program Go Adipura di lapangan olahraga, Pasar Lama Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (13/9). (Dokumen Humas Polda Papua)

Jayapura, (ANTARA) - Warga di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Jumat pagi menggelar deklarasi kesepakatan dalam rangka menjaga tanah Papua damai dan kerja bhakti massal guna mendukung program Go Adipura.

Kegiatan itu digelar di lapangan olahraga Pasar Lama Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura yang dihadiri oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Wakil Bupati Giri Wijiyantoro, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Jerry HT Simatupang dan para pemangku kepentingan lainnya.

Mathius Awoitauw dalam sambutannya mengatakan dengan kegiatan tersebut akan buat kesepakatan bersama agar kabupaten ini (Kabupaten Jayapure,red) tetap aman dan damai.

Baca juga: Papua Damai - FKUB Kota Jayapura ajak semua pihak gaungkan kedamaian

"Di mana wilayah ini merupakan zona integritas dan pernyataan itu semua elemen ada. Jadi, kita harus komitmen, siapapun warga negara yang berada dan tinggal di Kabupaten Jayapura harus ikut berkomitmen menjaga keamanan dan kedamaian," katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A Rodja melalui Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon yang telah inspirasi kegiatan deklarasi tersebut.

"Selain menjaga keamanan dan kedamaian, program lainnya atau salah satunya adalah kebersihan kota, bagaimana kota kita bisa bersih, tempat kita bisa menyenangkan dan menjadi perhatian. Apalagi kita akan menyongsong PON XX pada 2020 nanti, siapa pun dia punya andil untuk ini," ujar Mathius.

Mewakili Dandim 1701/Jayapura, Danramil Sentani Mayor Jhon F Dahar mengajak para hadirin dan semua pihak di Bumi Kenambay Umbay nama lain Kabupaten Jayapura untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena pernyataannya sehingga deklrasi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Papua Damai - Puluhan mahasiswa Papua Barat ikuti pelatihan Bela Negara agar mampu jaga NKRI

"Terima kasih buat Pak Bupati Jayapura dan juga kepada Pak Kapolres Jayapura yang telah membantu mengkoordinir kita dalam deklarasi dan kerja bakti Kabupaten Jayapura ini. Mari kita jaga bersama kenyamanan dan keamanan di kabupaten Jayapura," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon menyampaikan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang telah hadir dalam kegiatan deklarasi tersebut.

"Patut memanjatkan puji dan syukur atas berkat Tuhan Yang Maha Kuasa yang mana hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan deklarasi damai dan juga melaksanakan kerja bakti dalam rangka Go Adipura maupun mensukseskan PON 2020 di Kabupaten Jayapura," katanya.

Kegiatan itu, kata dia, merupakan suatu rangkaian proses menjaga kedamaian di tanah Papua, sehingga jangan pernah bosan untuk menebarkan kedamaian di tengah-tengah cobaan yang sedang dihadapi bersama.

Baca juga: Papua Terkini - Korem 172/PWY data mahasiswa yang ingin kembali ke Papua

"Kami mau menyampaikan kepada bapak ibu sekalian terkait penggunaan media sosial kita tidak perlu terprovokasi dan terpancing terhadap isu-isu yang ada tentunya kami hadir di kabupaten ini untuk menjaga oleh karena itu bapak ibu dapat berkoordinasi dengan aparat yang berwenang terkait situasi dan kondisi yang ada," ucapnya.

Pada momentum ini, Kapolres juga menjelaskan soal kehadiran anggota Brimob sebanyak 1.050 personel yang berasal dari empat polda yaitu Polda Sumbar, Polda Sumsel, Polda Riau dan Polda Kepri di daerah itu.

"Mereka hadir bukan bertujuan untuk menakut-nakuti atau memanaskan situasi, melainkan untuk menjaga kabupaten kita ini agar situasi keamanan dan ketertiban dapat tetap kondusif," tegasnya.

Baca juga: Papua Terkini - Danrem 172/PWY duga mahasiswa Papua diprovokasi kelompok tertentu

Pembacaan pendeklarasian kesepakatan bersama dalam rangka Papua tanah damai dipimpin oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan penandatanganan naskah kesepakatan bersama oleh Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Paguyuban dan peserta deklarasi.

Usai kegiatan deklarasi, dilanjutkan dengan kegiatan kerja bhakti atau pembersihan di lokasi-lokasi yang telah ditentukan di Bumi Kenambay Umbay itu. (*)