Ini alasan Wiranto sebut Jokowi "change leader"

id Menko polhukam, wiranto,jokowi change leader

Ini alasan Wiranto sebut Jokowi "change leader"

Menko Polhukam Wiranto (kiri), didampingi Kepala Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo saat pembekalan peserta PPRA LIX dan PPSA XXII Tahun 2019 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), di Jakarta, Jumat (13/9/2019). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut Presiden Joko Widodo sebagai sosok "change leader", yakni pemimpin perubahan, dari pengalamannya mengawal pemerintahan empat presiden.

"Pak Jokowi itu kategori 'change leader' menurut saya. Menurut banyak orang juga seperti itu. Karena saya mengawal empat presiden," katanya, di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikannya di sela pembekalan peserta PPRA LIX dan PPSA XXII Tahun 2019 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Zaman Presiden Soeharto, Wiranto dipercaya menjadi Menteri Pertahanan/Panglima ABRI, kemudian ketika Presiden Habibie juga masih memercayainya dengan jabatan sama.

Pada tahun 2000 saat Presiden Abdurrahman Wahid, Wiranto menjadi Menko Polhukam, dan oleh Presiden Jokowi kembali diserahi tugas sebagai Menko Polhukam.

"Tidak ada pejabat yang 16 tahun enggak naik pangkat, naik jabatan. Yang naik problemnya, permasalahannya," kelakarnya, disambut tawa hadirin.

Menurut Wiranto, Jokowi memenuhi persyaratan sebagai "change leader", antara lain berani mengambil keputusan secara cepat, mampu menyerap aspirasi, dan terobosan baru.

"Tidak terlelap dari 'comfort zone', tetapi berani mengambil resiko, sebagai penerobos. Walaupun resikonya sangat berat untuk popularitas, tetapi beliau lakukan itu," katanya.

Berbagai kebijakan yang dilakukan Jokowi, kata Wiranto, antara lain upaya memangkas regulasi, memangkas prosedur birokrasi, terutama untuk mempermudah investasi.