Kebakaran lahan terjadi di tiga titik di Solok Selatan

id kebakaran lahan

Kebakaran lahan terjadi di tiga titik di Solok Selatan

Masyarakat dibantu TNI Polri melakukan pemadaman lahan yang terbakar. (Antaranews/M. Taupik Rahman)

Padang Aro, (ANTARA) - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Solok Selatan, Sumatera Barat terpantau terjadi di tiga titik di wilayah itu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan,Inroni Muharamsyahdi Padang Aro, Kamis, mengatakan lokasi kebakaran terjadi di Kecamatan Sangir Batang Hari dua titik, dan Sangir Balai Janggo satu titik.

"Mobil Damkardari Pos Lubuak Malako saat ini sudah menuju lokasi, dan Pos Sangir juga diarahkan ke sana," katanya.

Dia mengatakan lahan yang terbakar di Sangir Batang Hari salah satunya juga sudah terbakar dua hari lalu, lahan merupakan kebun sawit warga dan satu titik di Bukit Bateh Abai.

Sedangkan di Sangir Balai Janggo katanya, juga lahan milik warga di Bukit Batu Nagari Sungai Kunyit.

Kapolsek Sangir Batang Hari Iptu Amril Helim mengatakan, pemadaman api dilakukan petugas kepolisian bersama masyarakat secara swadaya.

"Proses pemadaman yang kami lakukan masih menggunakan peralatan seadanya secara manual, karena masih menunggu bantuan mobil pemadam yang jaraknya cukup jauh," ujarnya.

Untuk wilayah Sangir Batang Hari katanya, sebaiknya ada satu pos Damkar karena jaraknya cukup jauh dengan pos terdekat dari Lubuak Malako.

Perjalanan dariLubuak Malako ke Abai sekitar 50 menit sehingga tidak efektif apabila ada kebakaran.

Saat ini Damkar Solok Selatan baru memiliki tiga pos yaitu di Muaralabuh yang mengkover Kecamatan Sungai Pagu, Pauah Duo dan Koto Parik Gadang Diateh.

Sedangkan pos Padang Aro menangani wilayah Sangir dan pos Lubuak Malako wilayah kerjanya Kecamatan Sangir Balai Janggo, Sangir Batang Hari dan Sangir Jujuan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar