Pesisir Selatan bangun satu unit Puskesmas di Lengayang

id Satria Wibawa,berita pesisir selatan,berita sumbar,puskesmas,pesisir selatan terkini

Kepala Dinas Kesehatan, Satria Wibawa dan tim dari instansi terkait berfoto bersama usai meninjau lokasi pembangunan puskesmas di Nagari Lakitan Tengah. (ist)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membangun satu unit lagi puskesmas di Kecamatan Lengayang sebagai upaya untuk memastikan seluruh masyarakat setempat tersentuh layanan kesehatan.

"Rencananya puskesmas yang baru akan di bangun di Kampung Pulai, Nagari Lakitan Tengah," kata Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa di Painan, Rabu.

Ia menambahkan lokasi pembangunannya sudah ditentukan dan dinilai layak setelah pihaknya bersama dengan tim dari instansi terkait mengecek langsung lokasinya.

"Lokasinya bagus, dan di sana saat ini berdiri Puskesmas Pembantu Kampung Pulai," katanya lagi.

Menurutnya pembangunan fisik puskesmas akan dilakukan pada 2020 dan selanjutnya dilaksanakan pemenuhan berbagai sarana prasarana secara bertahap.

"Mudah-mudahan semuanya berjalan sesuai rencana sehingga masyarakat Lakitan pada umumnya bisa mendapat layanan kesehatan yang memadai dan dekat," sebutnya.

Sementara itu, Wali Nagari Lakitan Tengah, Irwandi menyambut baik rencana tersebut, ia bersama dengan seluruh lapisan masyarakat menyambut antusias pembangunan puskesmas itu.

"Ya biasanya jika kami membutuhkan layananan kesehatan mesti ke Puskesmas Kambang yang berjarak kurang lebih 20 kilometer, besok jika puskesmas ini selesai tentu kami tidak perlu lagi menempuh perjalan sejauh itu untuk mendapat layanan kesehatan," katanya lagi.

Kecamatan Lengayang merupakan kecamatan paling banyak jumlah penduduknya dibanding 14 kecamatan lainnya di Pesisir Selatan, saat ini di Lengayang sudah ada dua puskesmas yakni Kambang dan Koto Baru. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar