Esok ditabuh, enam tim berebut jadi yang terbaik di Liga Desa Nusantara tingkat Sumbar

id Sumbar,Berita Sumbar,Berita Padang,Liga Desa Nusantara,2019,padang,sepak bola, news

Esok ditabuh, enam tim berebut jadi yang terbaik di Liga Desa Nusantara tingkat Sumbar

Ketua panitia Liga Desa Nusantara Renol Fadhli (tengah) saat MCM Liga Desa Nusantara putaran Sumbar beberapa waktu lalu (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Sebanyak enam tim berebut menjadi tim terbaik dalam Grand Final Liga Desa Nusantara (LDN) 2019 Sumatera Barat yang bergulir di Lapangan Nagari Kubang Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat pada Rabu (11/9) hingga Senin (15/9).

Panitia Pelaksana Liga Desa Nusantara Sumbar Renol Fadhli melalui keterangan persnya di Padang, Selasa mengatakan jadwal pertandingan dijadwalkan dua kali dalam sehari yakni pukul 13.30 WIB untuk pertandingan pertama dan 15.30 WIB untuk pertandingan kedua.

Ia mengatakan putaran final Liga Desa Nusantara 2019 diikuti oleh lima tim yang menjadi juara di babak penyisihan tingkat kabupaten seperti Nagari Taram dari Kabupaten 50 Kota, Nagari Padang Ganting dari Kabupaten Tanah Datar, Nagari Talang dari Kabupaten Solok.

Setelah itu Nagari IV Koto Hilie dari Kabupaten Pesisir Selatan dan Nagari Ketaping dari Kabupaten Padang Pariaman dan ditambah tim tuan rumah Nagari Kubang dari Kabupaten 50 Kota.

Ia mengatakan tim yang berhasil menjuarai LDN 2019 Sumbar akan melaju ke putaran nasional di Sidoarjo, Jawa Timur pada 23 - 27 September 2019

“Tim juara selain mendapatkan tiket lolos ke putaran nasional juga akan meraih uang pembinaan yang totalnya puluhan juta rupiah. Ini tentu diharapkan dapat membantu operasional mereka berlaga di putaran nasional di Sidoarjo,” katanya.

Ia mengatakan babak putaran final Liga Desa Nusantara 2019 tingkat Sumatera Barat akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

“Awalnya kita akan menggulirkan turnamen pada Agustus 2019 namun karena gubernur berhalangan kita undur menjadi September ini,” katanya.

Sebelumnya kelima tim telah menjalani kompetisi di tingkat kabupaten dan berhasil keluar sebagai tim terbaik. Selanjutnya mereka akan bersaing di Liga Desa Nusantara tingkat provinsi.

"Total ada 80 tim yang berkompetisi, setiap kabupaten ada 16 tim kenagarian yang bersaing menjadi yang terbaik dan maju ke tingkat Sumatera Barat," katanya.

Dalam seri ini mereka akan dibagi dua grup dan menjalankan sistem setengah kompetisi.

GRUP A : Kubang, Talang, IV Koto Hilie

GRUP B : Taram, Ketaping, Padang Ganting

Jadwal lengkap pertandingan grand final Liga Desa Nusantara tingkat Sumatera Barat 2019 :

Rabu (11/9)

1. Jam 13.30 Kubang vs Talang (A)

2. Jam 15.30 Taram vs Ketaping (B)

Kamis (12/9)

3. Jam 13.30 Kubang vs NP 1 Kalah (A)

4. Jam 15.30 Padang Ganting vs NP 2 Kalah (B)

Jum'at (13/9)

4. Jam 13.30 NP 1 Menang vs IV Koto Hilie (A)

5. Jam 15.30 NP 2 Menang vs Padang Ganting (B)

Minggu (15/9)

6. Jam 13.30 Runner Up A vs Runner Up B

7. Jam 15.30 Juara A vs Juara B