Tiga perampok mobil telur di Pesisir Selatan dilumpuhkan, Polisi: tiga lagi DPO mereka komplotan lintas provinsi

id Polda Sumbar

Pelaku perampokan yang ditembak petugas karena berusaha melarikan diri (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Barat menangkap tiga pelaku bersenjata api yang diduga merampok satu unit mobil yang bermuatan 118 ribu butir telur ayam di kawasan Lunang Silaut Kabupaten Pesisir Selatan pada Rabu (4/9).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar Kombes Pol Onny Trimurti bersama Wadir Reskrimum AKBP Mucthar Siregar dalam keterangan persnya di Padang, Minggu mengatakan penangkapan ini berawal dari aksi enam pelaku yang merampoksatu unit mobil truk Cold Diesel BA 9970 AO yang dikendarai korban Darwin yang akan bertolak ke Provinsi Bengkulu pada Jumat (30/9) sekitar pukul 05.00 WIB.

Sesampai korban di kawasan Lunang Silaut Kabupaten Pesisir Selatan, korban turun dari mobil untuk memeriksa kondisi ban mobil. Tiba-tiba ada mobil jenis Strada mendekat dengan nomor polisi BA 306 TW, dari mobil itu keluar dua lelaki yang menodongkan senjata api kepada korban.

Selanjutnya, korban di suruh memasuki mobil pelaku di bawah todongan senjata api sementaramobil yang berisi telur ayam dikendarai oleh pelaku lain bersama-samake Muara Rupit Prov Sumatera Selatan.

Ia mengatakan sesampai di lokasi korban dimasukan kedalam satu ruangan dan saat tersangka lengah korban berhasil kabur lalu melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian.

Berdasarkan laporan dari korban, polisi langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan pelaku sedang berada sebuah rumah makan "Talago Indah" Jalan lintas Sumatera Km 79 Kecamatan Muara Rupit Kabupaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan pada Rabu (4/9) sekitar pukul 11.30 WIB.

Ia mengatakan di lokasi tersebut para pelaku berupaya melarikan diri sehingga pihak kepolisian yang telah mengeluarkan tembakan peringatan harus menembak pelaku.

Ia mengatakan pelaku yang berhasil ditangkap dari lokasi adalah pria berinisial AZ, AD dan KM dan sementara itu tiga pelaku lainnya masih berkeliaran dan masuk dalam daftar pencarian orang.

Bersama pelaku petugas menemukan dua unit senjata api dan petugas masih menyelidiki posisi truk yang berisikan 118 ribu telur ayam yang dibawa pelaku.

“Pelaku ini merupakan perampok lintas provinsi yang meliputi Bengkulu, Palembang, Sumbar dan Jambi dan kerugian yang diakibatkan tindakan para pelaku mencapai Rp500 juta. Kita terus melakukan upaya pengembangan untuk menangkap seluruh pelaku,” katanya.

Ia mengatakan ketiga pelaku telah dibawa ke Mapolda Sumbar untuk dimintai keterangan lanjutan dan pelaku yang tertembak langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Kota Padang untuk mendapatkan perawatan.

“Pelaku berinisial KM ini merupakan otak perampokan dan masuk dalam daftar pencarian orang di Polda Bengkulu. Ketiga pelaku disangkakan pasal 365 KUHP dengan ancaman maksimal 12 tahun kurungan,” katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar