Pariaman Punya 13 Desa Maritim

id Desa maritim

Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut Mayjen TNI Bambang Suswanto (lima dari kanan) bersama Walikota Pariaman, Sumbar Genius Umar (empat dari kanan) dan pemangku kepentingan lainnya memukul gendang tasa sebagai diresmikannya desa maritim di Pariaman, Minggu. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat MS)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 13 desa dan kelurahan di Kota Pariaman, Sumatera Barat ditetapkan sebagai desa maritim dan desa wisata oleh pemerintah pusat bersama pemerintah setempat dalam upaya meningkatan ekonomi warga di daerah itu.

"Ini merupakan kegigihan Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman yang berupaya mengembalikan kejayaan Kota Pariaman," kata Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut Mayjen TNI Bambang Suswanto saat sambutan pada peresmian desa maritim di Pariaman, Minggu.

Menurutnya dengan adanya desa maritim tersebut maka Pemkot Pariaman bisa lebih mudah mengajukan proposal bantuan pada pemerintah pusat.

Ia mengatakan hal tersebut karena banyak kementerian yang tergabung ke dalam bidang kemaritiman mulai dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat hingga Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi.

"Dan juga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, banyak sekali," katannya.

Selain itu, lanjutnya dengan dibentuknya desa maritim tersebut maka dapat membantu pemerintah pusat untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan dengan ditetapkan belasan desa di daerah itu sebagai desa maritim maka pengembangan untuk peningkatan ekonomi warga setempat juga akan lebih baik.

Ia mengatakan tersebut karena sejumlah kementerian terkait akan memusatkan perhatiannya untuk pemberdayaan manusia dan pembangunan fisik yang tujuannya peningkatan ekonomi warga.

Ia menjelaskan peningkatan ekonomi tersebut salah satunya melalui peningkatan produksi ikan tangkap dengan teknologi terbarukan serta pelatihan.

Pihaknya menyebutkan desa maritim tersebut diantaranya yaitu Pasir Sunur, Taluak, Pauah Barat, Ampalu, Desa Apar, Mangguang, Naras I, Naras Hilir, Balai Naras, dan Padang Biriak-Biriak, sedangkan kelurahan yaitu Karan Aur, Lohong, dan Pasie.(*)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar