200 pecinta tanaman hias bakal hadir di Festival Florikultura 2019

id Festival Florikultura 2019,tanaman hias padang

200 pecinta tanaman hias bakal hadir di Festival Florikultura 2019

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, akan menggelar Festival Florikultura 2019 atau festival tanaman hias pada 6-9 September yang akan dihadiri sekitar 200 pecinta tanaman hias dari seluruh Indonesia.

"Padang merupakan kota pertama yang menjadi tuan rumah Festival Florikultura setelah dua kali penyelenggaraan digelar di Lembang, Jawa Barat," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan Festival Florikultura 2019 bertujuan mempertemukan para pengusaha di bidang tanaman hias.

"Selama ini yang dikenal festival bunga di Tomohon Sulawesi Utara, sedangkan Festival Florikultura lebih kepada bagaimana para pegiat tanaman hias bisa saling berbagi pengalaman dan informasi," ujarnya.

Syaiful menyampaikan di Padang ada 500 kepala keluarga yang fokus pada budi daya tanaman hias yang berpusat di Lubuk Minturun.

Festival ini bertujuan mendorong kebangkitan industri florikultura di Indonesia yang dipusatkan di Komplek Kantor Balai Kota Padang, ujar dia.

Ia berharap dengan festival ini akan terjalin konsolidasi dengan para pihak terkait florikultura sehingga nantinya juga akan terjalin kerja sama lintas kawasan agribisnis hortikultura.

"Kesempatan ini juga bakal mendorong Kota Padang sebagai kota yang indah dan penuh dengan taman bunga," ujarnya.

Selain itu, dengan momen ini diharapkan akan banyak masyarakat yang ikut ambil bagian dalam bisnis tanaman hias yang jika dikelola dengan baik memiliki nilai ekonomi yang luar biasa.

Menurutnya ada pegiat tanaman hias di Padang ada yang omzetnya miliaran rupiah dengan pemasaran ke daerah yang ada di Sumbar hingga provinsi tetangga.

"Padang punya potensi besar dalam sektor pengembangan tanaman hias ini. Dan festival ini akan semakin membuka peluang untuk itu," ujarnya lagi.

Pada festival tersebut Padang akan menampilkan ikon yaitu bunga bugenvil.

Dalam rangkaian Festival Florikultura 2019 juga akan ada penandatanganan kerja sama antarkawasan sentra bunga produktif di Sumbar meliputi Padang, Padang Panjang, Bukitinggi, Kota Solok, dan Kabupaten Solok.