Inilah Al Quran tertua asal Indonesia yang masih tersimpan baik di museum Thailand

id Al Qur'an, tersimpan, tertua, Thailand

Inilah Al Quran tertua asal Indonesia yang masih tersimpan baik di museum Thailand

Salah satu Al Qur'an tertua dari Indonesia masih tersimpan dengan baik di museum Ahmadiyah Islamiyah, Provinsi Narathiwat, Thailand. (ANTARA/Syaiful Hakim)

Narathiwat, Thailand, (ANTARA) - Kitab suci Al Quran tertua asal Indonesia masih tersimpan dengan baik di museum Ahmadiyah Islamiyah, Provinsi Narathiwat, Thailand.

"Al Quran tertua dari Indonesia yang ada di museum Ahmadiyah Islamiyah selesai ditulis pada 1634. Penulisnya Syekh Nuruddin Mohammad Hamid Roniri, yang berasal dari ujung Indonesia, Samudra Pasai," kata Ketua Yayasan Pondok Ahmadiyah Islamiyah Lutfee H Samea di sekolah Pondok Ahmadiyah Islamiyah, Narathiwat, Thailand, Rabu.

Menurut dia, terdapat sekitar 34 Al Quran yang berada di museum Ahmadiyah Islamiyah ini. Puluhan Al Quran itu tiba di Narathiwat ketika para ulama asal Indonesia berhijrah ke bagian selatan Thailand ratusan tahun yang lalu.

"Ada sekitar 34 Al Quran di museum ini. Pada ratusan tahun lalu orang Indonesia (Jawa) berhijrah ke Pattani," katanya.

Pattani adalah salah satu provinsi di Thailand yang bersebelahan dengan Narathiwat, merupakan 'Serambi Mekkah'.

Menurut dia, lantaran banyak Al Quran kuno yang ada di museumnya, maka pihaknya menjalin kerja sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, untuk melakukan penelitian.

"Kami juga bekerja sama dengan Taman Mini. Kami membuat penelitian 34 Al Quran ini. Ada tiga sampai empat orang dari TMII datang kemari untuk riset," tutur Lutfee.

Untuk menjaga Al Quran agar tidak rusak, pihaknya mempekerjakan beberapa orang mulai dari warga negara Turki, Malaysia dan Thailand sendiri dengan bahan-bahan tradisional.

Lutfee berharap pelestarian Al Quran kuno di museumnya dapat terus dilakukan oleh generasi muda Islam, khususnya yang ada di Thailand. Bahkan, menjadi tempat penelitian bagi generasi muda yang mendalami ilmu agama.

"Harapan saya dalam melestarikan Al Quran ini, supaya koleksi museum dapat terawat dengan baik. Menjadi satu tempat kajian bagi anak-anak generasi mendatang untuk tahu kehebatan orang Melayu yang benar-benar bertamadun menulis Al Quran," ucapnya. (*)