Papua Terkini - Penjelasan Wiranto soal Panglima TNI dan Kapolri berkantor di Papua

id Menko polhukam, wiranto, papua

Papua Terkini - Penjelasan Wiranto soal Panglima TNI dan Kapolri berkantor di Papua

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyampaikan pernyataan saat konferensi pers terkait situasi di Papua dan Papua Barat, di Jakarta, Selasa (3/9/2019) (Rangga Pandu Asmara Jingga)

Jakarta, (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebutkan langkah Panglima TNI dan Kapolri berkantor sementara di Papua untuk ketepatan dalam pengambilan langkah atau keputusan.

"Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri yang untuk sementara waktu berkantor di sana adalah hasil satu kesepakatan kita," katanya, menjawab pertanyaan wartawan di sela konferensi pers terkait kondisi Papua dan Papua Barat, di Jakarta, Selasa.

Biasanya, kata Wiranto, dalam keadaan tertentu bisa diadakan "posko aju", yakni pos komando yang diajukan.

Baca juga: Papua Terkini - Kapolri dan Panglima TNI "turun tangan" ke Papua

Tujuannya, kata dia, agar bisa melihat secara langsung yang terjadi, bisa ikut merasakan, sehingga tidak salah dalam mengambil keputusan.

"Agar bisa lihat secara riil apa yang terjadi, bukan hanya dari laporan, agar bisa ikut merasakan, sehingga keputusan nanti tidak salah. Keputusan bisa adil, benar," tuturnya.

Oleh karena itu, Wiranto meminta seluruh pihak untuk tidak khawatir karena pemerintah akan menyelesaikan persoalan di Papua dengan sebaik-baiknya.

"Maka jangan khawatir, semua yang dilaporkan pasti diselesaikan. Saya akan terus update laporan dari sana. Kalau belum ada jawaban, berarti laporan belum sampai," ujarnya.

Baca juga: Papua Terkini - Pantau situasi dari jarak dekat, Panglima TNI akan berkantor di Papua

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mulai berkantor sementara di Markas Kodam XVII Cenderawasih, Jayapura, Papua, Selasa ini.

Rencananya, mereka akan berkantor di Papua selama 4-10 hari ke depan untuk memberikan jaminan keamanan agar situasi dan kondisi kembali tenang. (*)

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri gelar pertemuan tertutup dengan tokoh masyarakat Papua

Baca juga: Kapolri, Panglima TNI dan Menkopolhukam lihat situasi Manokwari pascarusuh