Wapres JK serahkan penghargaan Minang Entrepreneur Award di UNP

id Wapres Jusuf Kalla,Minang Entrepreneur Award,UNP,Sumbar

Wapres JK serahkan penghargaan Minang Entrepreneur Award di UNP

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan dalam penyerahan Minang Entrepreneur Award di Universitas Negeri Padang, Selasa (3/9/2019). (Fransiska Ninditya)

Padang (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyerahkan penghargaan Minang Entrepreneur Award (MEA) kepada mahasiswa pencipta inovasi dalam bidang kewirausahaan dari perguruan tinggi wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, di Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa.

Wapres JK mengatakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di suatu negara, dibutuhkan peran anak muda dalam meningkatkan produksi dan nilai tambah dalam kegiatan ekonomi.

“Dalam upaya itu dibutuhkan beberapa faktor, pendidikan dan pemanfaatan teknologi yang baik dan akhirnya dibutuhkan pelaksana atau yang memberikan nilai tambah,” kata Wapres dalam sambutannya di UNP, Selasa.

Tanpa ada pengusaha, maka tentu suatu daerah tidak akan memiliki dinamika dan pembangunan ekonomi yang baik. Oleh karena itu, keberadaan pengusaha merupakan pendorong kemajuan suatu bangsa.

MEA merupakan kompetisi wirausaha yang bertujuan mendorong mahasiswa di perguruan tinggi Sumatera Barat untuk memulai jiwa usaha.

Rektor UNP Ganefri mengatakan penyelenggaraan penganugerahan MEA didasarkan atas usulan Wapres JK yang mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausahawan daripada menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Penganugerahan MEA sudah berlangsung sejak 2017, saat itu ada 19 perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumbar menyeleksi 216 proposal bisnis, yang 99 di antaranya merupakan usaha rintisan dan 45 lainnya proposal bisnis yang sudah ada.

Dari 216 proposal tersebut, tim menyeleksi 48 proposal yang pembuatnya diundang untuk mempresentasikan usulan bisnisnya.

Untuk penyelenggaraan MEA kali ini, tim seleksi menerima 259 proposal untuk diseleksi dari 37 perguruan tinggi negeri dan swasta dari Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 46 proposal merupakan bisnis saat ini dan 160 proposal bisnis rintisan,“ kata Ganefri.

Ganefri berharap pelaksanaan MEA akan berlanjut untuk memperluas keikutsertaan pengusaha muda di kalangan mahasiswa dan diikuti oleh seluruh universitas yang ada di Pulau Sumatera.

Setelah menyerahkan penghargaan MEA, Wapres kemudian meresmikan Gedung Asrama Mahasiswa UNP dan Universitas Andalas, dengan menandatangani berkas peresmian di Auditorium UNP.