Terganjal administrasi, Dutra tetap di timnas Indonesia beri semangat rekan-rekannya

id timnas indonesia,otavio dutra,kualifikasi piala dunia

Terganjal administrasi, Dutra tetap di timnas Indonesia beri semangat rekan-rekannya

Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy (kiri) memberikan keterangan kepada media usai memimpin latihan skuatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (2/9). Laga itu sebagai persiapan timnas menuju laga Grup G Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022 kontra Malaysia, Kamis (5/9). (Michael Siahaan)

Dutra memilih berada di timnas. Mungkin karena dia merasakan persaudaraan yang kuat sehingga mau memberikan dukungan untuk rekan-rekannya
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy mengatakan, bek tengah Otavio Dutra tetap berada di skuatnya meski terganjal syarat administrasi yang membuat pesepak bola Brasil itu tertunda bermain pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

"Dutra memilih berada di timnas. Mungkin karena dia merasakan persaudaraan yang kuat sehingga mau memberikan dukungan untuk rekan-rekannya," kata Simon usai memimpin latihan tim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin malam tadi.

Menurut pelatih asal Skotlandia itu, kehadiran Dutra di timnas berdampak positif kepada pemain muda karena bek berusia 35 tahun ini tidak segan turun tangan menasihati pemain belia.

"Dia tipe pemain yang merangkul para pemain muda," kata Simon.

Baca juga: Irfan ingin ulangi momen Indonesia taklukan Malaysia 5-1

Walau sudah resmi dipanggil PSSI, Otavio Dutra belum dapat memperkuat Indonesia karena proses naturalisasinya belum rampung. Semua persyaratan sejatinya sudah beres, tetapi masih kurang tanda tangan pengesahan dari Presiden Joko Widodo.

Sebelum naturalisasinya selesai, pesepak bola yang merumput untuk Persebaya Surabaya itu dipastikan tidak bisa memperkuat Indonesia dalam menghadapi Malaysia pada laga Grup G, Zona Asia, Kamis ini di GBK.

Baca juga: Serangan balik Malaysia menjadi ancaman, kata Andik

Indonesia berada di Grup G bersama Malaysia, Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab.

Ujian pertama Indonesia adalah menghadapi Malaysia Kamis ini di GBK, disusul lima hari kemudian di stadion sama, menjamu Thailand.

Baca juga: Jelang hadapi Malaysia, ini fokus Timnas Indonesia

Baca juga: Andik dan Lilipaly merasa klop dengan pola latihan timnas