BPJS Ketenagakerjaan Solok Lindungi Mahasiswa Magang

id bpjs

BPJS Ketenagakerjaan Solok Lindungi Mahasiswa Magang

Kepala Kantor Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Dharmasraya Armansyah memberikan penjelasan terkait manfaat jaminan sosial kepada mahasiswa Undhari yang akan melaksanakan magang, di Pulau Punjun, Sabtu. (ANTARA SUMBAR/ Istimewa)

Padang Aro (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Solok, Sumbar memberikan perlindungan sosial bagi mahasiswa Undhari yang melaksanakan magang atau PKL.

"Kami sudah menyepakati dan menandatangani Memorandum of Understanding selama tiga tahun dan akan diperpanjang bila habis masanya, sehingga setiap mahasiswa praktek kerja lapangan atau magang akan disosialisasikan dan didaftarkan menjadi peserta bpjs ketenagakerjaan", kata Kepala Kantor Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Dharmasraya Armansyah saat dihubungi, di Pulau Punjung, Sabtu.

Dengan adanya program ini diharapkan, mahasiswa yang melaksanakan magang atau PKL akan merasa aman dan tidak perlu khawatir lagi saat beraktivitas karena mereka juga memiliki risiko besar.

Untuk Fakultas komputer dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis kerjasama ini dilaksanakan mulai awal Juli sampai Agustus selama dua bulan. Sedangkan fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dilaksanakan selama lima bulan mulai awal Agustus hingga Desember 2019. Fakultas ilmu kesehatan kemungkinan juga akan magang di akhir tahun 2019.

Wakil Rektor III Universitas Dharmas Indonesia: Dr. Rahmatul Hayati, mengatakan biasanya pihaknya mengirim mahasiswa magang ke wilayah Dharmasraya, Sawahlunto, Solok, Padang, hingga Jambi.

"Untuk Fakultas Komputer dan Ekonomi Bisnis kami mengirim sampai ke ProvinsiJambi yaitu di Kabupaten Sarolangun dan Muaro Bungo," katanya

Dengan adanya kerjasama ini ia berharap, BPJS dapat memberikan kepastian perlindungan bagi mahasiswa magang sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari tempatt praktek kerjanya.

Menurut dia, BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat bagi tenaga kerja di Undhari dan mahasiswa magang atau PKL.

"Dengan adanya program ini, tenaga kerja, baik dosen maupun Staf, serta mahasiswa undhari akan merasa aman dan tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yg tidak diinginkan," katanya.

Pihak Undhari katanya, sangat senang adanya kerjasama dengan BPJS ketenagakerjaan dan diharapkan bisa memberikan perlindungan terhadap mahasiswa Undhari yang magan.

Sedangkan untuk kami para tenaga pendidikan di Undhari merasa aman dan dapat produktif dalam bekerja karena telah ikut program jaminan sosial.

Program jaminan sosial yang didaftarkan oleh tenaga pendidik maupun staf Undhari yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.***

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar