Padang Panjang Gelar Festival Serambi Mekah

id festival

Festival Serambi Mekah digelar di Padang Panjang. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang (ANTARA) - Festival Serambi Mekah yang digelar untuk memperingati Tahun Baru 1441 Hijriah di Padang Panjang, Sumatera Barat menyediakan pameran produk halal yang dikemas dalam tema Halal Fair.

Sejumlah produk yang tersedia yaitu makanan dan minuman tradisional, barang kerajinan kulit, bordiran, busana muslim dan batik, produk perawatan kulit dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Padang Panjang Hendri Fauzan di Padang Panjang, Sabtu, mengatakan Padang Panjang Halal Fair merupakan tema yang diangkat dalam festival yang digelar ke-13 kalinya itu.

Halal Fair sekaligus menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mempromosikan produknya kepada wisatawan.

"Selain pameran produk, di sini ada beberapa kegiatan seperti bincang-bincang produk halal, bincang-bincang destinasi halal, lomba kuliner halal serta hiburan berupa 'live music'," katanya.

Topik mengenai produk dan wisata halal menurutnya sengaja diangkat untuk menguatkan daerah itu sebagai tujuan wisata halal.

"Wisata halal yang dibahas di sini mencakup tujuan, perjalanan dan pendidikan. Modalnya sudah ada seperti sekolah-sekolah islami dan bangunan bersejarah dan lainnya jadi kami ingin kuatkan lagi sebagai tujuan wisata halal," ujarnya.

Padang Panjang Halal Fair hadir di Lapangan Bancah Laweh mulai 31 Agustus sampai 2 September 2019.

Sehabis berkeliling dan belanja sejumlah kuliner yang tersedia di lokasi itu, pengunjung dapat menikmati jajanan tersebut sambil menyaksikan acara islami dan kesenian yang juga merupakan bagian acara Festival Serambi Mekah.

Beberapa penampilan yang dapat disaksikan yaitu pentas seni pesantren, nasyid, pentas seni sekolah, pentas sanggar seni serta grup musik dan artis Sumbar.***3***
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar