Mahasiswi Amerika Serikat kagumi keindahan alam Sumbar

id Agam

Mahasiswi Amerika Serikat kagumi keindahan alam Sumbar

Katia Chaterji (30) sedang melihat pertunjukan kesenian tambua tansa saat Silat ART Festival di Pasar Rabaa, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam. (ANTARA/ Yusrizal)

Agam (ANTARA) - Mahasiswi Universitas Washington di Seattle, Amerik Serikat, Katia Chaterji (30) mengagumi keindahan alam yang dimiliki Sumatera Barat yang memiliki pantai, gunung, lembah, danau dan lainnya.

"Semua tempat yang saya lihat di Sumbar ada lingkungan alam yang luar biasa, sangat unik dan indah," katanya saat melihat pertunjukan Silek ART Festival di Pasar Rabaa, Kecamatan Tanjungraya, Sabtu.

Ia mengatakan, selama lima bulan di Sumbar pihaknya sudah mengunjungi Kota Padang, Bukittinggi, Padang Panjang, Solok, Tanahdatar, Solok Selatan dan Agam.

Daerah tersebut memiliki keaneka ragaman destinasi wisata yang cukup indah dan mengagunkan.

Setiap kabupaten dan kota, tambah mahasiswi Strata Tiga (S3) Universitas Washington memiliki keindahan alam yang berbeda seperti, Kota Padang meiliki pantai, Solok Selatan memiliki alam yang asri, Agam memiliki Danau Maninjau dan lainnya.

"Budaya yang dimiliki masyarakat Minangkabau juga cukup bagus," kata mahasiswi dengan Jurusan Sejarah Asia Tenggara itu.

Ia menambagkan, pihaknya ke Indonesia untuk melakukan penelitian tentang sejarah seni yang berhubugan dengan kebudayaan Islam di Sumatera.

Sejarah di Sumatera sangat penting untuk dipahami lebih dalam dan pihaknya cukup berminat.

Dalam melakukan penelitian itu, pihaknya melakukan kerjasama dengan Inritut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

Penelitian itu dilakukan selama 10 bulan dan sudah menjalankan selama lima bulan.

"Dalam waktu dekat penelitian akan selesai dan saya kembali ke Amerika Serikat," katanya.