250 personel Brimob Sumbar dikirim ke Papua

id Polda Sumbar,brimob,papua

250 personel Brimob Sumbar dikirim ke Papua

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Damisnur memimpin upacara pelepasan 250 personel Brimob ke Papua di Mako Brimob Polda Sumbar, Jumat (30/8) (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumbar mengirimkan 250 personel Satuan Brimob Polda Sumbar membantu pengamanan di wilayah Papua pada Jumat.

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Damisnur saat upacara pelepasan di Padang, Jumat mengatakan pengiriman ini merupakan perintah dari pusat yang meminta bantuan personel karena wilayah Papua mengalami gangguan keamanan.

"Walaupun kondisi Jayapura sudah mulai kondusif namun masyarakat masih mengungsi ke kantor pemerintahan dan lainnya. Mereka membutuhkan perlindungan dari kepolisian dan TNI," katanya.

Ia mengatakan walau pengiriman ini terkesan mendadak dirinya menyakini personel Brimob Polda selalu siap dalam menghadapi tugas yang diberikan

"Kami yakin personel selalu menjalani latihan baik secara individual maupun tim, selain itu pengalaman yang telah dimiliki tentu akan menjadi bekal dalam tugas ke depan," katanya.

Ia menekankan kepada seluruh personel yang berangkat agar selalu meningkatkan iman dan taqwa dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Kemudian selalu beradaptasi dengan lingkungan dan selalu waspada.

Ia juga berpesan kepada komandan batalyon yang memimpin 249 personel dalam bertugas ke Papua diharapkan mampu membawa seluruh personel kembali ke Sumbar dalam keadaan sehat tanpa kurang apapun.

"Mari kita sama berdoa agar pelaksanaan tugas dapat berjalan aman dan lancar serta kondisi semakin membaik di Papua,"katanya

Sementara itu Komandan Satuan Brimob Polda Sumbar Kombes Pol Djoko Purnomo mengatakan pihaknya masih mempersiapkan keberangkatan personel bertolak ke Papua.

"Kita masih koordinasikan pesawatnya dan jadwal keberangkatan masih belum ada. Upacara ini dilaksanakan sekarang untuk mempermudah persiapan personel untuk berangkat. Kalau siap malam ini tentu langsung berangkat," katanya.