Toko Tani Indonesia Center cara Pemkab Tanah Datar stabilkan harga pangan

id Toko Tani Indonesia Center,Tanah Datar

Toko Tani Indonesia Center cara Pemkab Tanah Datar stabilkan harga pangan

Wakil Bupati Tanah Datar menanyakan harga pokok di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang dipusatkan di depan gedung BKD setempat Jumat (30/8). (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengadakan bursa Toko Tani Indonesia Center (TTIC) sebagai upaya menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok d daerah itu, jumat.

"TTIC yang dipusatkan di depan gedung Badan Keuangan Daerah (BKD) ini merupakan program Kementerian Pertanian RI, bertujuan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah," kata Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar, Daryanto Sabir di Batusangkar Jumat.

Toko tani ini diharapkan dapat menekan angka inflasi di daerah itu, serta memberikan pelajaran kepada pedagang agar jangan seenaknya menaikkan harga.

Pemasok bahan seperti sayur-sayuran diambil dari petani langsung, sementara bahan pokok lainnya seperti tepung, gula, susu, dan lainnya dipasok dari distributor sehingga harganya lebih terjangkau.

"Mudah-mudahan ini dapat membantu masyarakat, bukan berarti menyaingi harga di pasaran tapi menstabilkan harga sering gonjang ganjing," katanya.

Karena barang didatangkan dari petani dan distributor secara langsung, maka harga komoditas pangan yang dijual dijamin lebih murah dibanding harga di pasaran.

Untuk harga satu kilogram bawang putih dijual Rp28 ribu, sementara di pasaran mencapai Rp30 ribu, wortel kualitas super Rp8 ribu perkilogram, cabe merah hanya Rp55 ribu perkilogram sementara di pasaran Rp65 ribu, harga telor satu papan Rp38 ribu di pasaran Rp40 ribu perkilogram.

Salah satu bahan pokok atau komoditas yang paling banyak diburu pembeli adalah cabe merah, hal itu juga diungkapkan pembeli Endang (42) mengaku harga di TTIC lebih murah dibanding di pasaran yang mencapai Rp65 sampai Rp70 ribu perkilogram.

Untuk jangkauan lebih luas, Dinas Pangan setempat juga akan menggelar TTIC dengan menggunakan mobil operasional untuk menyasar hingga ke kecamatan dan nagari di Tanah Datar.

Daryanto mengatakan sebelumnya Pemkab Tanah Datar juga sudah memiliki tempat Pemasaran Ikan Segar dan Aman (Pekan Segara) bertujuan menstabilkan harga di pasaran, sekaligus mencukupi kebutuhan ikan bagi masyarakat bertempat di BBI Sijangek, Sungai Tarab.

"Kepada masyarakat silakan datangi BBI Sijangek setiap Kamis untuk mendapatkan ikan segar dengan harga relatif murah," ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan pemenuhan kebutuhan pokok atau pangan yang dibutuhkan oleh orang banyak pemda harus hadir untuk menetralisir harga.

"Salah satunya dengan hadirnya TTIC yang menyediakan bahan pokok dengan kualitas bagus, segar dan harga terjangkau, yang dipasok dari petani secara langsung," katanya.(*)