Ini empat destinasi wisata prioritas pemerintah yang akan diselesaikan pada 2020

id presiden joko widodo,presiden jokowi,kawasan borobudur,destinasi wisata prioritas

Ini empat destinasi wisata prioritas pemerintah yang akan diselesaikan pada 2020

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri meninjau kawasan Candi Borobudur Magelang, Jumat (30/8/2019). (Agus Salim)

Magelang, (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pengembangan empat destinasi wisata prioritas akan selesai pada 2020 sejalan dengan selesainya pengembangan bandara.

"Semuanya itu akan diselesaikan, empat itu kita harapkan selesai di akhir 2020," kata Jokowi di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Jumat.

Empat destinasi wisata prioritas itu adalah Labuan Bajo, Danau Toba, Mandalika, dan Kawasan Borobudur.

Presiden Jokowi mencontohkan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarata akan selesai pada Maret 2020.

"Di sini nanti kalau Airport Yogyakarta itu Maret sudah selesai, di sini (Borobudur) juga selesai, baru jalan promosinya dan lain-lainnya," jelasnya.

Ia menyebutkan di Kawasan Borobudur yang perlu pengembangan dan pembenahan antara lain jalan akses menuju objek wisata itu.

"Tadi Pak Mendikbud menyampaikan perlunya jalan besar yang bisa mengantarkan wisatawan yang ingin masuk ke Borobudur, dari jauh candinya harus sudah kelihatan," kata Presiden Jokowi.

Kemudian, lanjutnya, jalan yang melingkari candi juga masih sangat kurang besar. "Kita mau cek langsung kebutuhan yang ada di lapangan sehingga nanti semua betul-betul mendukung apabila ada tambahan turis yang masuk, betul-betul siap melayani lebih baik para wisatawan," kata Presiden Jokowi.

Mengenai upaya menjaga kelestarian peninggalan bersejarah itu, Presiden mengatakan memang nanti perlu pengaturan yang baik, pengunjung yang boleh naik ke atas.

"Kalau enggak akan merusak situs ini, sekarang ini dianggap belum. Nanti kalau sudah ada kondisi yang betul-betul padat sekali, baru akan ada batas berapa yang boleh naik. Pasti ada pembatasan itu, karena kan tadi saya lihat juga sudah ada penurunan tanah sedikit," katanya.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri meninjau kawasan Candi Borobudur Magelang, Jumat (30/8/2019). (Agus Salim)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar