DPRD Sumbar tunggu keputusan partai tetapkan pimpinan definitif

id DPRD

DPRD Sumbar tunggu keputusan partai tetapkan pimpinan definitif

Rapat perdana pembahasan fraksi dan pimpinan DPRD Sumbar definitif di Gedung DPRD Sumatera Barat, Kamis (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - DPRD Sumatera Barat masih menunggu keputusan partai dengan kursi terbanyak dalam Pileg 2019 di Sumatera Barat untuk menetapkan pimpinan definitif.

Ketua DPRD Sumatera Barat sementara Desrio Putra di Padang, Kamis mengatakan pihaknya telah menyurati masing-masing partai pemenang pemilu untuk mengirimkan nama yang akan ditunjuk menjadi pimpinan tetap DPRD Sumbar.

"Tanpa adanya pimpinan definitif kegiatan tidak dapat dijalankan salah satunya adalah bimbingan teknis. Kita berharap tentu pimpinan definitif segera ditetapkan," katanya.

Ia mengakui memang tidak ada batasan waktu kapan pimpinan definitif ini akan ditetapkan setelah dirinya ditunjuk sebagai Ketua DPRD Sumbar sementara dan Irsyad Syafar sebagai wakil ketua dari Partai Keadilan Sejahtera.

"Ini urusan masing-masing DPP karena mereka yang akan menentukan dan kita tentu tidak dapat mendesak karena setiap partai punya regulasi tersendiri," katanya.

Keempat partai tersebut adalah Gerindra dengan 14 kursi serta PKS, PAN dan Demokrat dengan 10 kursi.

Selain itu, sehari setelah dilantik 65 anggota DPRD Sumatera Barat langsung menggelar silaturahim dan rapat pembahasan fraksi dan pimpinan definitif pada Kamis.

Ia mengatakan dari rapat pembahasan pihaknya menargetkan minggu depan fraksi di DPRD Sumbar telah terbentuk.

Dia mengatakan dalam rapat pembahasan sudah disepakati jadwal tersebut. Ia mengatakan saat ini baru lima partai yang memiliki fraksi karena telah memenuhi syarat memiliki minimal lima kursi.

Kelimanya adalah Gerindra, PKS, Demokrat, PAN dan Partai Golkar. Sementara itu, sisanya ada empat partai yakni PDI Perjuangan, PKB, PPP dan Nasdem belum memiliki fraksi.

"Kita menyarankan mereka semua bergabung membentuk sebuah fraksi atau bergabung dengan partai yang telah memiliki fraksi. Itu semua kita serahkan kepada partai," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar