Stok habis, seorang pasien di RSUD Solok Selatan butuh enam kantong darah golongan AB

id donor darah,solok selatan

Stok habis, seorang pasien di RSUD Solok Selatan butuh enam kantong darah golongan AB

Seorang ASN mendonorkan darah saat kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI dan UTD RSUD saat pencanangan KKG PKK KB-Kes dan hari bhakti TNI, Kamis (29/8). (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kesulitan memenuhi golongan darah AB, bahkan saat ini ada pasien yang membutuhkan darah AB enam kantong belum didapatkan.

"Saat ini stok darah di UTD sekitar 80 kantong, dan tidak satu pun jenis AB," kata Kepala UTD RSUD Solok Selatan, Safma Wita di Padang Aro, Kamis.

Pihaknya sedang mengupayakan mencari golongan darah AB, dan sudah sejak kemarin hingga kegiatan donor hari ini belum juga didapatkan.

Di Solok Selatan katanya, juga sudah ada komunitas golongan darah AB tetapi sebelumnya mereka sudah melakukan donor sehingga tidak bisa lagi saat ini.

"Komunitas golongan darah AB sekarang juga mengupayakan mencari pendonor untuk kebutuhan enam kantong ini," ujarnya.

Untuk Solok Selatan sendiri kebutuhan sekitar 200-250 kantong darah setiap bulan, sedangkan pendonor tetap hanya sekitar 50 orang setiap bulan.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut katanya, pihaknya memintakan donor pengganti dari keluarga pasien yang membutuhkan.

Selain itu juga ada dari pendonor sukarela serta stok UTD serta melakukan donor darah ke berbagai perusahaan.

Untuk menjangkau dan mempermudah akses layanan ke masyarakat, pihaknya akan menyediakan mobil donor darah agar bisa turun langsung ke masyarakat.

Selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk melaksanakan donor darah sebagai salah satu upaya.

Dia menambahkan, RSUD Solok Selatan sekarang juga sudah memiliki Blood Bank atau Bank Darah berupa kulkas besar penyimpanan darah yang bisa menampung hingga 100 kantong darah.

PMI Solok Selatan juga terus mengupayakan memenuhi kebutuhan darah di UTD dengan melaksanakan kegiatan donor darah.

Sekretaris PMI Solok Selatan, Oriza mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan donor darah disetiap kegiatan besar seperti saat HUT RI dan juga hari kegiatan KKG PKK dan hari bhakti TNI.

Dia mengatakan, PMI sudah memiliki cool box yang berfungsi sebagai kotak penyimpanan darah sementara, sebelum darah tersebut dibawa ke RSUD.

PMI Solok Selatan memiliki dua cool box dan masing-masingnya mampu menampung 20 kantong darah. (*)