Gratis, Solok Selatan buka pemeriksaan penyakit tidak menular

id Pemeriksaan kesehatan

Gratis, Solok Selatan buka pemeriksaan penyakit tidak menular

Petugas kesehatan melayani masyarakat yang memeriksakan mata saat pencanangan KKG PKK dan hari bhakti TNI di Padang Aro, Kamis. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menggelar pemeriksaan penyakit tidak menular secara gratis saat pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KB Kesehatan dan Hari Bhakti TNI, Kamis.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman di Padang Aro, Kamis mengatakan jenis pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan yaitu pengecekan kolesterol, gula darah, asam urat, mata dan Iva test serta refleksi.

"Kami berharap ASN maupun masyarakat yang datang ke Kantor Bupati memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis ini," katanya.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini cukup diminati oleh ASN maupun masyarakat yang berkunjung dan setiap layanan lebih dari 60 orang yang memeriksakan diri.

Pemeriksaan kesehatan secara berkala ini katanya, sangat penting bagi masyarakat untuk mencegah penyakit tidak menular.

Selain itu pemerintah setempat juga melaksanakan pemasangan KB gratis serta menlaksanakan donor darah.

Dia mengatakan, pihaknya terus menjaga sinergitas dengan berbagai pihak baik PKK maupun TNI sehingga berbagai program kesehatan bisa berhasil.

Selama ini katanya, pihaknya bersama PKK dan TNI selalu bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat seperti menyosialisasikan hidup bersih dan sehat serta gerakan seribu jamban.

Saat ini katanya, indikator lingkungan bersih sehat pencapaian akses masyarakat akan air bersih sudah 89 persen sedangkan akses jamban sehat telah 72 persen.

Untuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang sangat populer saat ini adalah makan sayur dan buah, aktivitas fisik, cek kesehatan dan tidak merokok.

"Khusus tidak merokok kami sudah memiliki regulasi berupa Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2015 tentang kawasan dilarang merokok," ujarnya. (*)