Kapolda Sumbar: lima target dalam Operasi Patuh 2019

id Operasi Patuh Singgalang 2019,Polda Sumbar,Irjen Pol Fakhrizal

Kapolda Sumbar: lima target dalam Operasi Patuh 2019

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal saat Gelar Pasukan Operasi Patuh 2019 di halaman Mapolda Sumbar pada Kamis, (29/8). (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat menyebutkan lima target kepolisian yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2019 yang dimulai sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019.

"Dalam setiap operasi harus ada perencanaan, sasaran dan cara bertindak sehingga mendapatkan hasil yang optimal nantinya," kata dia usai Apel Pasukan Operasi Patuh Singgalang 2019 di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, tujuan pertama yang ingin dicapai dalam operasi ini adalah terciptanya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, hal itu akan menurunkan pelanggaran lalu lintas yang berakibat fatal dan kecelakaan massal.

Kemudian untuk tujuan kedua adalah menurunkan pelanggaran lalu lintas, terutama bagi pengendara kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm standar dan kendaraan bermotor yang tidak sesuai peruntukannya.

Setelah itu target ketiga yang ingin dicapai adalah menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan korban kecelakaan yang berakibat fatal, kecelakaan massal dan korban materil. Keempat, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan disipilin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Dengan mengedepankan pembinaan, penyuluhan, penyebaran brosur kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas akan menekan jumlah kecelakaan serta terciptanya kepercayaan terhadap Polri dalam berlalu lintas," katanya.

Target kelima yang ingin dicapai adalah menciptakan situasi yang kondusif menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih yang rencananya akan dilaksanakan bulan Oktober 2019.

"Saya berpesan kepada seluruh personel yang terlibat agar selalu berpedoman kepada prosedur operasional standar dan memperhatikan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan operasi," katanya.

Ia juga menekankan kepada personel yang terlibat agar benar-benar melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab serta dilaksanakan secara prosedural dan profesional sehingga mendapatkan hasil yang maksimal

"Saya harapkan jajaran lalu lintas dapat mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis maupun teknis agar potensi pelanggaran, kemacetan, kecelakaan yang terjadi dapat diminimalkan," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar