Energi listrik dari buah jeruk

id PLTU Jepang, energi listrik,listrik buah jeruk

Energi listrik dari buah jeruk

Tenaga ahli proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Batang asal Jepang Kazuki Kamio sedang memberikan pengetahuan pada siswa sekolah dasar di desa terdampak terhadap pembuatan energi listrik berbahan dari buah jeruk lemon. ANTARA/Foto Kutnadi

Batang (ANTARA) - Tenaga ahli proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) asal Jepang mengenalkan cara pembuatan energi listrik dari bahan buah jeruk lemon pada siswa Sekolah Dasar Negeri Ujungnegoro 1, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Tenaga ahli PLTU Kabupaten Batang asal Jepang Kazuki Kamio di Batang, Kamis, mengatakan bahwa energi listrik sangat penting untuk kehidupan masyarakat sehari-hari sehingga manusia harus mengerti bagaimana cara membuat listrik, termasuk para siswa dan siswi SD Negeri Ujungnegoro.

"Oleh karena, kami mencoba mengenalkan bagaimana cara pembuatan energi listrik yang cukup mudah diterima oleh para siswa SD, yaitu dari bahan buah jeruk lemon," katanya.

Pada kesempatan itu, Kazuki memeragakan pembuatan energi dari buah jeruk lemon dengan menggunakan mainan tiup kincir angin dan gerakan mainan dengan tangan yang cepat sehingga menghasilkan listrik dan bisa menyalakan lampu.

"Melalui permainan ini, para siswa tidak jenuh sehingga mereka ikut bersama mempratekkan bagaimana cara buah jeruk itu dapat menghasilkan tenaga listrik," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi pembangunan PLTU Batang dengan menggunakan media edukasi yang menyenangkan sehingga menambah wawasan siswa tentang kelistrikan dan pengalaman belajar membuat energi listrik yang cukup sederhana.

"Kami berharap kegiatan ini benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswa dan siswi, serta sekolah untuk menambah wawasan dan pengetahuan dengan budaya, alam, teknologi," katanya.

Siswa SDN 1 Ujungnegoro Gilang Ramadhan mengatakan dirinya bersama siswa lainnya merasa terkejut saat mengetahui buah jeruk ternyata memiliki daya listrik.

"Saya kaget dan sekaligus senang karena bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang energi listrik, apalagi para siswa bisa langsung mempraktikan langsung, bagaimana lampu LED bisa nyala ketika dihubungkan dengan kabel yang tertancap di buah jeruk yang sudah dibelah menjadi dua menjadi energi listrik," katanya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar