Semen Padang gelar donor darah untuk karyawan

id donor darah,Semen Padang,CSR Semen Padang,PMI Padang

donor darah di PT Semen Padang (Antara /Humas)

Padang, (ANTARA) - PT Semen Padang melalui program CSR bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan Donor Darah di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang, sebagairangkaian akhir dari Peringatan HUT RI ke-74 dengan menggunakan tagline Pahlawan zaman doeloe berkorban dengan darah, pahlawan zaman sekarang berkorban dengan donor darah.

"Donor darah merupakan agenda rutin PT Semen Padang yang biasanya diadakan pada peringatan hari besar seperti Peringatan Pendirian Pabrik PT Semen Padang, HUT RI dan ulang tahun Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP)," kata Kepala Unit CSR PT Semen PadangMuhammad Ikrar melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar di Padang, Kamis.

Sebelumnya donor darah dilaksanakan pada Maret 2019 dalam rangka memperingati HUT Pendirian Pabrik PT Semen Padang.

Kegiatan itu diharapkannya dapat membantu PMI dalam menyediakan stok darah yang sangat dibutuhkan dalam kondisi darurat.

"Saya dapat informasi melalui perawat PMI bahwa umur darah itu memiliki jangka waktu 35 hari, namun biasanya di bawah 35 hari stok darah telah habis," ujar dia yang juga menjadi peserta donor darah pada kegiatan itu.

Ia mengharapkan melalui kegiatan itu Semen Padang dapat menambah cadangan stok darah PMI Kota Padang.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Satrio Rian Bakti mengungkapkan sebanyak 264 orang yang mendaftar untuk menjadi peserta dan dari jumlah itu, 246 peserta yang lulus tes medis.

"Jumlah peserta banyak namun ada yang tidak lolos tes medis sehingga mereka tidak dapat ikut mendonorkan darahnya," kata dia.

Ia mengungkapkan pada kegiatan itu sebanyak 80 persen peserta berasal dari Semen Padang Group dan 20 persendari masyarakat sekitar.

Untuk target awal kata Satrio, panitia menetapkan angka 200 kantong darah yang didapat melalui kegiatan tersebut, tapi ternyata jumlah kantong darah yang terkumpul lebih dari rencana.

"Ternyata peserta yang mendonorkan darah lebih banyak dari target," katanya.

Rencananya, dalam waktu dekat donor darah ini akan kembali dilaksanakan untuk memperingati Hari Pahlawan pada November 2019.

"Semoga seluruh karyawan Semen Padang Grup lebih semangat lagi dalam kegiatan donor darah sehingga kita dapat membantu PMI dalam menambah cadangan stok darah di Kota Padang," ujarnya.

Di sisi lain, salah satu peserta donor darah Jhon Reflus yang merupakan karyawan PT Semen Padang menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan.

"Saya sebenarnya memang rutin mengikuti donor darah setiap 1 kali dalam 3 bulan, kebetulan kali ini diadakan di Semen Padang, jadi saya tak perlu jauh-jauh lagi ke PMI," katanya.

Ia mengungkapkan donor darah seperti sudah menjadi kebutuhan baginya karena ia merasa tubuhnya menjadi lebih sehat dan segar setelah melakukannya.

"Selain kebutuhan, PMI juga biasanya mengingatkan untuk donor darah melalui pesan singkat ke Handphone saya," katanya.

Ia mengharapkan agar kegiatan ini tetap terlaksana di Semen Padang sehingga karyawan lain yang belum sempat menjadi peserta donor darah dapat mengikutinya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar